TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Aturan Makan Sehat Penderita Diabetes saat Berpuasa

Pola makan penderita diabetes berubah saat bulan puasa
Aturan Makan Sehat Penderita Diabetes saat Berpuasa
Tes darah penderita diabetes. (REUTERS/Lucy Nicholson)

VIVA.co.id – Menjalan ibadah puasa bagi penderita diabetes tidak sama dengan mereka yang tidak menderita diabetes. Sebab, bagaimana pun pasien tetap perlu menjaga kadar gula darahnya.

Namun, berbeda dengan hari normal, pola makan yang tidak lagi sama pada puasa perlu diatasi dengan trik makan yang berbeda. Ahli penyakit dalam, dr. Em Yunir, SpPD-KEMD dari PB PERKENI mengatakan, sebaiknya porsi makan lebih diperbanyak pada waktu buka puasa.

"Karena ada perubahan pola makan yang biasanya tiga kali digeser jadi dua kali, yang dikasih makan agak banyak pada waktu buka puasa menjelang tidur ada snack lagi, dikompensasinya di situ. Jadi kalori yang tadinya 1.900 tetap jumlahnya," ujar Yunir kepada VIVA.co.id.

Sementara porsi pada saat sahur tetap sama seperti biasa. Sedangkan yang diubah, lanjut Yunir, adalah konsumsi obat. Bila biasanya minum satu atau dua kali bisa digeser menjadi di waktu sahur atau buka saja. Misalnya untuk obat golongan sulfonilurea, yang biasanya diminum pagi digeser ke waktu buka puasa.

Karena, jika diminum setelah sahur dia akan berisiko mengalami hipoglikemia atau kadar darah menurun drastis. Sulfonilurea yang berisiko hipoglikemia tinggi digeser konsumsinya pada waktu buka puasa agar ada periode tidak berpuasa di mana pasien masih bisa menerima asupan makanan.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP