Tips Berpuasa untuk Para Pemula

Berdoa sebelum berbuka puasa.
Sumber :
  • REUTERS/Ina Fassbender

VIVA.co.id – Hampir seluruh umat muslim di dunia menjalankan puasa di bulan Ramadan. Untuk yang telah terbiasa puasa, mungkin menahan makan, minum, dan segala yang membatalkan puasa bukanlah hal sulit. Tapi bagaimana untuk para mualaf, yang baru pertama kali menjalankan puasa?

Azab, Dosa Membatalkan Puasa Secara Sengaja di Bulan Ramadhan Ternyata Sangat Besar

Sebagai seorang Muslim baru atau berencana berpuasa untuk pertama kalinya saat Ramadan, sangat wajar jika merasa cemas dan bertanya-tanya apakah bisa melakukan puasa selama sebulan penuh.

Pertanyaan umum yang sering muncul ialah apakah bisa tetap berolahraga selama bulan puasa, bagaimana efek kesehatan saat puasa, lain sebagainya. Berbicara dengan seseorang yang sudah berpuasa selama Ramadan sebelumnya dapat membantu karena mereka dapat membimbing bagaimana Anda bisa sukses menjalankan puasa pertama.

7 Golongan Orang yang Tidak Wajib Melaksanakan Puasa, Apakah Kamu Termasuk?

Dilansir dari Khalej Time,  Ahli gizi asli Dubai, Chaitra Arya berpendapat bahwa hal pertama yang harus dilakukan adalah mulai menyingkirkan kebiasaan buruk Anda.

"Jika Anda biasanya menghabiskan banyak waktu di depan televisi, mulailah dengan perlahan mengganti ini dengan aktivitas yang lebih bermanfaat seperti membaca atau berjalan ringan. Sebelum bulan Ramadan, mulailah sarapan pagi dan kurangi asupan kafein Anda," kata dia.

Tegas, Ustaz Khalid Basalamah Larang Konsep Puasa Setengah Hari Dikenalkan kepada Anak

Dia juga menyarankan, bagi mereka yang baru pertama berpuasa, hindari sinar matahari dan tinggal di dalam rumah jika memungkinkan. Hal ini, bisa membantu Anda menjaga energi tubuh agar tidak mudah lelah dan merasa haus atau lapar. Di samping itu, menjadwal ulang aktivitas penting dari hari ke hari sebelum atau sesudah puasa akan menjadi ide yang lebih baik.

Tidak hanya itu, pemenang penghargaan untuk penelitian gizi,  Christopher Clark dari Dubai ini juga mengatakan, cara terbaik berpuasa bagi pemula ialah mempersiapkan diri Anda, baik secara fisik maupun mental.

"Dua atau 3 hari pertama akan menjadi yang terberat, akan semakin mudah dan mudah saat Anda semakin dalam dan mampu menghayati apa makna puasa," ungkap dia.

Selain itu dia juga memperingatkan pada saat berbuka, perlu diingat, jangan jadikan momen buka puasa untuk menebus semua makanan yang dilewatkan

"Istirahatlah dengan cepat perlahan dan berhenti makan sebelum kenyang. Jangan terus makan seolah-olah Anda beruang yang hibernasi."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya