Puasa Bisa Bikin Sehat dan Awet Muda

Berdoa sebelum berbuka puasa.
Sumber :
  • REUTERS/Ina Fassbender

VIVA.co.id – Puasa di bulan Ramadan bukan hanya sekadar ibadah, tapi juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Hal ini karena dalam puasa terjadi pembatasan asupan makanan yang berdampak pada perubahan gaya hidup atau pola makan yang lebih sehat.

Dijuluki Vampirnya Indonesia karena Awet Muda, Ricky Harun: Makan Darah Suci

Ahli gizi dan nutrisi Desy Nur Arista mengatakan, pada saat puasa, energi yang biasanya difokuskan pada sistem pencernaan akan dialihkan pada sistem metabolisme lain, sistem imunitas tubuh pun menjadi lebih aktif. Akibatnya, tubuh menjadi lebih sehat.

Selain itu, puasa membuat tubuh mengalami detoksifikasi sehingga tubuh kembali normal dan menjadi lebih baik. "Yang sebelumnya pola makan tidak baik, karena puasa menjadi lebih sehat," ujar Desy kepada VIVA.co.id.

Bukan Cuma Mengencangkan Otot, Pilates Ternyata Bikin Awet Muda, Kok Bisa?

Puasa juga bisa mengaktifkan banyak hormon di dalam tubuh, salah satunya adalah hormon antipenuaan. Dengan aktifnya banyak hormon ini, bisa memicu tubuh seseorang merasa lebih muda, lebih cepat berkonsentrasi.

"Antipenuaan ini bukan hanya dari wajah, tapi dalam tubuh. Tubuh merasa lebih baik dan sehat, itu pengaruh dari hormon juga," kata Desy.

Rahasia Awet Muda ala Tom Lembong, Masih Terlihat Menawan di Usia 50-an

Aktifnya hormon antipenuaan juga berpengaruh pada aura tubuh yang lebih muda. Antipenuaan, kata Desy, bukan terlihat dari tampilan fisik saja, tapi efek sehat tubuh termasuk di dalamnya penundaan penuaan. (mus)

Ilustrasi awet muda.

Tinggal di Sini 100 Hari Bisa Awet Muda

Baru-baru ini, peneliti AS mengungkap cara sederhana untuk tetap awet muda.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024