5 Takjil Timur Tengah, Ada Otak Kambing Goreng

Shawarma/kebab.
Sumber :
  • Pixabay/vika-imperia550

VIVA.co.id – Anda dianjurkan untuk berbuka puasa dengan mengonsumsi minuman hangat dan makanan ringan terlebih dahulu. Namun, bukan berarti Anda bisa makan camilan yang tidak sehat seperti gorengan. Ada begitu banyak pilihan menu takjil yang lebih menyehatkan.

Resep: Takjil Mewah Ketan Sultan

Anda pun bisa mencoba memasak beberapa resep makanan ringan khas Ramadan yang ada di beberapa negara di Timur Tengah. Berikut ini adalah beberapa di antaranya, seperti dilansir dari laman NDTV.

Kurma isi blue cheese

Emak-emak Diduga Timbun Takjil, Terciduk Pakai Motor

Blue cheese atau keju dari susu kambing dan buah kurma sangat cocok disantap bersama. Anda juga bisa menambahkan sedikit taburan potongan daun peterseli untuk menambah cita rasa.

Zona Hijau dan Drive Thru Jadi Syarat Pasar Sore Digelar di Yogya

Shawarma

Di Indonesia, shawarma dikenal dengan sebutan kebab. Isiannya bisa apa saja, mulai dari sayur-sayuran, daging ayam, sapi hingga kambing. Di Timur Tengah, daging isian shawarma dibumbui dan direndam di dalam yoghurt terlebih dahulu sebelum dimasak.

Daging lantas diberi tambahan sayuran seperti daun selada, tomat, mentimun, bawang bombai dan saus tahini. Seluruhnya dibungkus dengan roti pita.

Shawarma/kebab.

Kebab

Nah, jangan salah, di negara-negara Timur Tengah, kebab bukanlah kebab yang Anda biasa makan di Indonesia. Kebab merupakan sebutan bagi satai atau daging bakar yang ditusukkan pada kayu atau besi.

Daging biasa dibakar bersama bawang bombai dan paprika. Tak lupa diberi saus barbecue lezat. Umumnya, daging yang digunakan adalah daging ayam, sapi atau kambing.

Shish kebab.

Samosa

Samosa bisa diberi isian apapun yang Anda sukai. Bahkan bagian kulitnya pun bisa Anda buat sendiri di rumah. Samosa berisi daging dan sayur dengan bumbu rempah aromatik khas Timur Tengah juga bisa Anda jadikan takjil.

Otak kambing goreng

Di sejumlah negara Timur Tengah, ada makanan ringan unik yang mungkin bisa menjadi inspirasi. Otak kambing dipotong-potong dan dicampur dengan bawang putih, cabai dan jahe, lalu dicelup ke dalam telur yang telah dikocok lepas.

Setelah itu, baluri dengan tepung roti dan goreng hingga warnanya berubah menjadi coklat keemasan. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya