Jangan Konsumsi Sirup dan Minuman Kemasan saat Berbuka

Ilustrasi sirup.
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA.co.id – Saat berbuka, merupakan waktu yang ditunggu-tunggu setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Minuman segar menjadi yang paling dicari di waktu ini. Namun, bagi yang masih peduli kesehatan saat berbuka, ada sedikit tips untuk memilih minuman yang sehat untuk membatalkan puasa Anda,

5 Tips Agar Tak Mudah Sakit Saat Puasa

Health and Nutrition Educator Nutrifood, Moch. Aldis Ruslialdi memberi saran untuk memilih minuman yang less sugar, atau memiliki kandungan gula rendah. Minuman dengan kadar gula rendah baik dikonsumsi, agar tidak terjadi lonjakan kadar gula darah (sugar rush) saat berbuka puasa.

Namun, jika Anda ingin tetap memilih minuman manis, ada baiknya meneguk minuman berbahan dasar buah namun bukan sirup.

Menu Takjil Artika Sari Devi Bikin Anak Semangat Puasa

"Sebaiknya minuman yang less sugar atau fruit based, hindari sirup," kata Aldis kepada VIVA.co.id saat ditemui beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, jika Anda memang ingin mengonsumsi sirup, sebaiknya dicampur dengan buah, atau sekalian konsumsi saja sop buah. Itu lebih baik, ketimbang mengonsumsi minuman dengan sirup varian buah.

2 Makanan Ini 'Haram' Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

"Buah itu tetap memiliki rasa manis. Tak hanya itu, dia juga punya serat dan vitamin yang baik untuk tubuh. Ada tambahan nutrisi lain yang lebih berkualitas di dalamnya," ucap Aldis.

Ada baiknya pula, saat berbuka puasa hindari minuman manis kemasan, atau botolan. Menurut Aldis, minuman tersebut diklaim memiliki kadar gula tinggi, yakni hingga 7,5 sendok teh per botol. Padahal, batas konsumsi gula per hari maksimal adalah 12 sendok teh. (asp)

Praktisi Pengobatan sunnah Indonesia, dr Zaidul Akbar

Rahasia Tenang Saat Puasa: Ini Menu Berbuka Puasa Rekomendasi Dokter Zaidul Akbar

Seperti apa menu buka puasa yang sehat? Terkait hal itu, pendakwah dr. Zaidul Akbar angkat bicara, dijelaskannya ada baiknya masyarakat mengikuti kebiasaan Nabi Muhammad

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2024