RESEP: Kerang Hijau Asam Manis, Cocok untuk Buka Puasa

Kerang hijau asam manis.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA.co.id – Perpaduan rasa manis kecap dan bumbu rempah dalam sajian kerang asam manis dijamin membuat lidah Anda tak berhenti bergoyang. Menu kaya protein ini juga cocok dijadikan sajian berbuka puasa Anda bersama keluarga.

RESEP: Segarnya Berbuka dengan Es Kepal Nutrisari

Jika Anda penasaran mencoba manis dan gurih rasa yang meresap ke dalam kerang hijau, berikut ini adalah resep bocoran dari Elly, pengusaha katering yang mengkreasikan santapan kerang dari sang nenek kepada VIVA.co.id.

Sebelum mulai memasak, Elly memberikan sedikit tips dalam mengolah kerang. Rendam terlebih dahulu kerang selama 15 menit, kemudian ganti air rendaman dan rendam kerang lagi dalam jangka waktu yang sama.

RESEP: Buka Puasa Pakai Seblak, Why Not?

Setelah itu, baru rebus kerang selama beberapa menit. Namun, sebaiknya rebus air terlebih dahulu bersama rempah seperti jahe, lengkuas, dan serai hingga mendidih. Barulah setelah itu, Anda bisa memasukkan kerang.

Kerang asam manis

10 Resep Paling Dicari di Bulan Ramadan, No 1 Enggak Nyangka

Bahan-bahan

-5 kilogram kerang hijau
-100 gram jahe
-100 gram lengkuas
-3 batang serai
-3 lembar daun jeruk
-2 lembar daun salam
-Minyak goreng secukupnya
-Daun kemangi secukupnya
-Daun seledri secukupnya
-Air perasan jeruk lemon secukupnya

Bahan saus

-2 buah keluwak
-Bawang merah kupas
-1 ruas jari jahe
-Tomat secukupnya
-Cabai giling secukupnya
-Kecap ikan secukupnya

Cara membuat

1. Rebus kerang yang sudah dibersihkan selama 15 menit. Kemudian sisihkan.

2. Untuk membuat saus, giling semua bahan hingga halus. Kemudian panaskan minyak goreng dan tumis bumbu hingga harum. Masukkan kerang, aduk rata, lalu kecilkan api dan biarkan bumbu meresap ke dalam kerang selama 10 menit.

3. Setelah matang, tambahkan sedikit daun kemangi dan seledri halus. Sebelum disantap, berikan beberapa tetes air perasan lemon untuk menguatkan rasanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya