Beberapa Kesalahan yang Dilakukan Ketika Mandi

Mandi air dingin bisa tingkatkan sirkulasi darah.
Sumber :
  • Pixabay/Olichel

VIVA.co.id – Salah satu cara terbaik untuk menenangkan tubuh setelah terkena sinar matahari dan bekerja seharian adalah mandi. Berbagai manfaat mandi memang sudah banyak dibahas, tapi hampir tidak ada yang menyadari bahwa setiap kali mandi, ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan.

Teknik Mandi Ini Bisa Menurunkan Berat Badan

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang ketika mandi, seperti dilansir laman Times of India.

Suhu air

4 Alasan Mandi Pakai Air Dingin Lebih Menyehatkan

Air dingin atau hangat adalah pilihan yang cukup krusial saat Anda mandi. Ketika musim panas, air dingin atau suhu ruangan yang harus digunakan.

Dan ketika musim dingin, gunakan air hangat kuku untuk mandi. Namun, gunakan air dengan suhu ruang untuk membasuh kepala Anda. Hindari juga penggunaan air yang terlalu panas karena bisa membuat kulit kering, menimbulkan ketombe, dan membuat rambut kering.

Waktu Mandi yang Baik Menurut Rasulullah

Sering mengganti sampo

Terlalu sering mengganti sampo dan kondisioner bisa menyiksa rambut Anda. Sejumlah penelitian yang mengatakan kalau Anda ingin mengganti produk perawatan rambut, harus didasarkan beberapa faktor.

Diantaranya adalah perubahan musim, pola diet, usia, penggunaan produk kimia, dan perawatan medis tertentu, yang membuat Anda harus mengganti produk perawatan rambut. Sebaiknya gunakan sampo dan kondisioner yang lembut.

Penggunaan sabun berlebih

Penggunaan sabun mandi yang berlebihan dengan busa yang sangat banyak harus Anda hindari. Karena, ini bisa mengeringkan minyak alami dari tubuh, dan membuat kulit gatal serta kering. Penggunaan sabun yang terlalu banyak juga bisa memicu penyakit kulit seperti eksim.

Membilas sabun

Bilas sabun di tubuh dengan seksama karena sisa sabun yang menempel dan langsung dikeringkan dengan handuk akan menimbulkan iritasi kulit.

Mengusap kulit dengan handuk

Sebaiknya keringkan tubuh dengan menepuk-nepuk ringan handuk daripada mengusap handuk secara kasar. Karena, mengusap atau menggosok tubuh dengan kasar menggunakan handuk bisa membuat kulit iritasi.

Selain itu, hindari membungkus rambut Anda menggunakan handuk dalam waktu lama. Hal ini bisa membuat rambut Anda rapuh dan rontok.

Mandi terlalu lama

Durasi mandi yang terlalu lama akan membuat kulit Anda kering. Selain itu, bisa juga membuat ruam kulit dan rasa gatal. Sepuluh menit adalah waktu optimal yang Anda habiskan untuk mandi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya