Survei: Konsumen Rela Belanja Dua Kali Lipat Saat Ramadan

Masyarakat cenderung menghabiskan seluruh dana THR untuk keperluan hari raya.
Sumber :
  • Pixabay/Stevepb

VIVA.co.id – Bulan Ramadan punya arti penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain bulan di mana ibadah akan dilipatgandakan, bulan ini menjadi perayaan bagi umat Islam.

6 Tips Keuangan Hemat dan Berkah di Bulan Ramadhan

Karena itu, tidak heran jika banyak kaum Muslim yang rela mengeluarkan sebagian besar uang untuk merayakan bulan suci ini bersama keluarga dan orang terdekat.

Menurut survei Shopback, sebuah start up e-commerce asal Singapura, dari 300 responden di lima kota besar di Indonesia yang disurvei, 12 Persen di antaranya rela merogoh kocek hingga dua kali lipat dibanding biasanya untuk keperluan belanja saat Ramadan.

5 Tips Frugal Living di Ibu Kota untuk Anak Rantau Kelola Keuangan Lebih Baik

"Sebanyak 78,30 responden menyatakan akan menambah jumlah pengeluaran guna mencukupi kebutuhan mereka selama Ramadan dan Hari Raya ldul Fitri. Dengan 12 persennya rela mengeluarkan hingga dua kali lipat," kata Vice President Marketing ShopBack Indonesia, Inge Kosasih saat diskusi media di Shopback, Jakarta Barat, Selasa, 30 Mei 2017.

Dia menuturkan, sebagian besar konsumen atau sebanyak 52,20 persen akan menggunakan dana dari Tunjangan Hari Raya (THR) untuk keperluan tersebut. Sekitar 23,90 persen merencanakan mengambil dana yang tersimpan di tabungan dan 23,9 persen akan mengambil dari gaji.

8 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Efektif, Pikiran Dijamin Lebih Plong

Jumlah pengeluaran yang direncanakan oleh konsumen untuk berbelanja online sangat bervariasi. Sebagian besar konsumen atau 64,60 persen akan melakukan pengeluaran sebesar Rp500 ribu hingga Rp5 juta. Sedangkan 34,40 persen lainnya akan belanja online, dengan kisaran Rp100 ribu hingga Rp499 ribu.

“Khusus penggunaan THR, 40,6 persen responden menginformasikan akan menggunakannya sebesar 51 persen hingga keseluruhan (100 persen) jumlah THR yang mereka terima," kata dia.

Ilustrasi memasak.

6 Tips Merawat Peralatan Rumah Tangga Biar Awet, Duit Belanja Jadi Aman Bun!

Mengeluarkan biaya untuk membeli peralatan rumah tangga tidaklah murah. Maka dari itu, sangat penting untuk merawatnya dengan benar, agar bisa awet dan tahan lama.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2024