Ramadan, Produk Fesyen Ini Paling Diburu Pembeli Online

Ilustrasi situs belanja online Islami.
Sumber :
  • Dok. HijUp.com

VIVA.co.id – Bulan Ramadan identik dengan momen untuk memperbaiki diri menjadi pribadi baru yang lebih baik. Hal ini seolah tak lengkap jika tidak didukung barang-barang yang serba baru, terutama baju baru.

Bakal Ada Diskon 90% Produk Fesyen di Pekan Raya Indonesia

Memasuki Ramadan, tren pembelian barang-barang fesyen memang cenderung meningkat. Bahkan menurut survei ShopBack, fesyen sebagai kategori yang paling diminati konsumen belanja online Indonesia, yakni sebanyak 81,9 persen.

Menurut, Vice President Marketing ShopBack Indonesia, Inge Kosasih, berdasarkan survei yang dilakukan, ada tiga produk fesyen yang paling diminati. Ketiganya, yakni baju koko sebanyak 54,5 persen, baju gamis sebanyak 53,1 persen dan hijab 44,1 persen.

Tips Belanja Aman dan Nyaman Lewat Online

Selain tiga item tersebut, ada jenis produk universal yang masuk ke dalam pilihan utama, yaitu sepatu yang mencapai 44,1 persen. Kategori lainnya yang promosinya juga sangat ditunggu oleh konsumen belanja online adalah kategori elektronik sebanyak 43,1 persen.

Sementara makanan mencapai 40,7 persen, perabot rumah tangga 33,8 persen dan groceries sekitar 32,4 persen. Sedangkan travel 31,9 persen.

Menata Hati Sambut Bulan Suci

“Produk-produk yang diminati rata-rata adalah produk yang pendanaannya tidak diambil dari alokasi bujet harian. Kami melihat konsumen benar-benar akan memanfaatkan promo istimewa di produk-produk impiannya,” ujar Inge.

Untuk kebutuhan sehari-hari seperti bumbu dapur dan makanan beku, konsumen lebih memilih berbelanja langsung. Hanya 18,9 persen konsumen yang menyatakan akan membeli bumbu dapur dan 29,5 persen akan membeli produk makanan beku secara online dengan memanfaatkan promo Ramadan.

"Analisa kami, minat ini terkait dengan urgenitas kebutuhan serta masalah kepastian kualitas produk khususnya untuk makanan beku sehingga mereka tidak menempatkan promosi untuk produk-produk ini sebagai promosi favorit,” tutur dia.

Khusus untuk kategori produk travel, 59,20 persen konsumen menyatakan lebih memilih melakukan pemesanan secara online dibandingkan dengan pembelian langsung di biro perjalanan. Alasan utamanya, harga yang lebih murah jika melakukan pemesanan online (58,4 persen).

Untuk produk travel, tiket pesawat masih menjadi produk yang paling diminati (57,4 persen), diikuti dengan tiket kereta api (53 persen) dan kamar hotel (52,2 persen).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya