Kisruh Prosesi Pemakaman Yana Zein

Sanak saudara berdoa untuk jenazah Yana Zein di Rumah Duka Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta, 1 Juni 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Jenazah Yana Zein rencananya akan disemayamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung Kandang, Jakarta Selatan, Jumat, 2 Juni 2017.

Fakta di Balik Kanker Pembunuh Jupe dan Yana Zein

Jenazah akan diberangkatkan dari rumah duka di Rumah Sakit Fatmawati siang ini. Namun, ada sedikit ketegangan menjelang pemakanan artis senior tersebut.

Pria paruh baya bernama Nurzaman yang mengaku ayah kandung Yana datang ke rumah duka. Ia mengaku datang dari Sumatera agar Yana Zein dimakamkan secara Islam. 

Cerita Lain Pemakaman Yana Zein

"Saya memberikan informasi atas nama anak saya, namanya Suryana Nurzaman Zein, saya azan kan telinga dia dan saya ajarkan dia puasa dan mengaji. Saya ke sini datang dari Sumatra langsung ke sini, niat saya untuk mengembalikan anak saya dari Kristen menjadi Islam," katanya.

Mendengar hal itu, ibunda almarhumah, Swetlana tak tinggal diam. Ia bersikukuh Yana akan dimakamkan dan meninggal dengan memeluk keyakinan berbeda dari ayahnya.

Cerita Ayah Saat Memandikan Jenazah Yana Zein

"Agama semua sama, saya kira berhak memilih. Yana ada tandatangan sendiri kalau dia jadi Kristen," ujar Swetlana.

Ia kembali menjelaskan, Nurzaman telah meningalkan Yana sejak lama. Baru kali ini kembali dan meminta anaknya dikuburkan sesuai keyakinan. Hal itu membuat keluarga sempat adu pendapat. 

"Bapak Nurzaman ini menikah dengan saya di Moskow dan tidak diributkan  masalah agama, setiap manusia punya pilihan hati," ujar wanita asal Rusia ini. (mus)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya