Deretan Makanan Minuman yang Wajib Dihindari Saat Sahur

Berdoa sebelum berbuka puasa.
Sumber :
  • REUTERS/Ina Fassbender

VIVA.co.id – Saat berpuasa, keinginan makan justru akan meningkat, terutama saat berbuka. Anda perlu ingat bahwa kebiasaan kalap dan lapar mata akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh mulai dari kembung hingga kenaikan berat badan. 

Menu Takjil Artika Sari Devi Bikin Anak Semangat Puasa

Selain menahan nafsu makan berlebih, ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk dikonsumsi di bulan puasa. Apa saja? Berikut ulasannya, seperti dilansir laman Pop Sugar, Sabtu, 3 Juni 2017.

Makanan yang mengandung karbohidrat buatan (refined carbohydrates) sebaiknya dihindari saat puasa, terutama saat sahur karena karbohidrat ini hanya bertahan selama tiga sampai empat jam dan rendah nutrisi. Sebaiknya kurangi dulu konsumsi gula, pastry, donat, croissant, dan makanan sejenis selama bulan Ramadan.

Puasa Ngantuk Terus? Itu Karena Pola Makan dan Tidur Salah

Tak hanya itu, konsumsi makanan dengan kadar garam tinggi akan membuat Anda haus nantinya. Tahan keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan asin di bulan Ramadan, terutama di saat sahur.

Untuk minuman, kurangi dulu konsumsi minuman berkafein seperti kopi karena akan membuat Anda susah tidur, dan akan membuat Anda merasa lebih haus saat berpuasa. Selain itu, hindari pula minuman berkarbonasi atau bersoda.

6 Tips Puasa Nyaman untuk Penderita Sakit Maag

Ada baiknya Anda ganti dengan air kelapa untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat berpuasa. 

Ilustrasi/Umat muslim sedang menikmati berbuka puasa selama ramadan

5 Tips Agar Tak Mudah Sakit Saat Puasa

Saat puasa, penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan berenergi

img_title
VIVA.co.id
3 Juni 2018