Keju dan Susu Pemicu Bau Mulut Saat Puasa?

Keju Camembert
Sumber :
  • Pixabay/Greekfood

VIVA.co.id – Saat berpuasa tidak hanya mempengaruhi perubahan metabolisme tubuh tapi juga kondisi mulut. Menurut drg. Adji Dara Vania, CEO Haidokter.com, puasa juga mempengaruhi kesehatan mulut, misalnya mulut menjadi kering dan bau.

Ini Dia Keju Paling Berbahaya di Dunia, Sekali Makan Bikin Muntah Hingga Diare Berdarah

"Dalam dunia kedokteran bau mulut disebut dengan halitosis. Saat puasa halitosis banyak faktornya, ada faktor dari luar dan dari dalam," kata Dara saat ditemui di sebuah acara di Jakarta.

Faktor dari dalam salah satunya adalah bisa terjadi penyakit kronis atau kebersihan mulut yang kurang baik. Misalnya, terdapat lubang di gigi yang lama dibiarkan hingga gigi keropos dan membusuk kemudian menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Terpopuler: Tips Ampuh Atasi Bau Mulut Hingga Larangan Beli Baju Lebaran di 10 Hari Ramadhan

Agar tidak menimbulkan bau yang tidak diinginkan, Dara menyarankan agar segera memeriksakan kesehatan gigi. Kemudian hindari juga makanan yang berbau tajam seperti bawang.

Untuk memperlancar ibadah puasa dan terhindar dari bau mulut, Dara memberikan tips yaitu selalu menyikat gigi setelah makan sahur dan sebelum tidur serta melakukan flossing.

6 Tips Ampuh Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

"Kemudian banyak minum air putih, yaitu dua gelas saat sahur, empat gelas saat malam, dan dua gelas saat buka," tambah Dara.

Hindari juga makanan olahan susu seperti keju yang terkadang bisa memicu bau mulut. Jika mengalami masalah gigi, segera berkonsultasi ke dokter untuk segera ditindak.

Zodiak

Terpopuler: Waktu yang Tepat untuk Makan Malam, Ini Dia Keju Paling Berbahaya di Dunia

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Lifestyle VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Jumat 12 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024