TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Penderita Diabetes Harus Hentikan Puasa, Jika...

Pada kondisi tertentu, penderita diabetes tidak boleh berpuasa
Penderita Diabetes Harus Hentikan Puasa, Jika...
Tes gula darah penderita diabetes (REUTERS/Beawiharta)

VIVA.co.id – Puasa di bulan Ramadan merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan umat Muslim. Tapi, pada kondisi tertentu, puasa ini boleh tidak dijalankan. Salah satunya adalah karena kondisi penyakit.

Penderita diabetest, misalnya, ada aturan tersendiri dalam berpuasa. Meski masih dibolehkan, tapi pada kondisi di mana takaran gula darah yang terkontrol atau HbA1c di atas 7, tidak dianjurkan untuk berpuasa. Namun, di Indonesia, kondisi ini justru kebanyakan tidak menghalangi pasien diabetes untuk berpuasa.

"Unik di Indonesia, kalau di Amerika, begitu HbA1c naik, misalnya di atas 8,5, tidak boleh puasa karena kemungkinan terkena hipoglikemia atau gula darah menurun menjadi jauh lebih besar," jelas Dr.dr. Roy Panusunan Sibarani, SpPD-KEMD, ahli endokrinologi, kepada VIVA.co.id.

Karenanya, warga Amerika yang ingin berpuasa namun memiliki nilai HbA1c di atas 8,5, mereka akan diminta menandatangani surat pernyataan, bahwa jika terjadi suatu hal, negara tidak akan menanggugnya. Tapi sebaliknya, di Indonesia tidak pernah terjadi hal ini.

Meski HbA1c mencapai 12, puasa masih tetap dijalani karena pengaruh iman dan keyakinan. Walau demikian, Roy melanjutkan, dokter tetap bertanggung jawab dalam membimbing pasien seperti ini saat berpuasa.

Pasien juga diharapkan selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai obat yang digunakan, serta, Roy menyarankan, agar memperbanyak minum air putih.

"Tanyakan ke dokter, obat apa yang harus diubah, apakah ada insulinnya, konsultasikan ke dokter. Kemudian catat, kalau sudah merasa lapar itu artinya mulai hipoglikemia," ujar Roy.

Dan, jika rasa lapar sudah luar biasa disertai dengan keringat dingin, maka hipoglikemia sudah dalam keadaan gawat dan puasa harus dihentikan. Lalu, cek gula darah, jika di bawah 70 maka puasa harus dihentikan.
    

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP