Penderita Diabetes Harus Hentikan Puasa, Jika...

Tes gula darah penderita diabetes
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Puasa di bulan Ramadan merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan umat Muslim. Tapi, pada kondisi tertentu, puasa ini boleh tidak dijalankan. Salah satunya adalah karena kondisi penyakit.

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Penderita diabetest, misalnya, ada aturan tersendiri dalam berpuasa. Meski masih dibolehkan, tapi pada kondisi di mana takaran gula darah yang terkontrol atau HbA1c di atas 7, tidak dianjurkan untuk berpuasa. Namun, di Indonesia, kondisi ini justru kebanyakan tidak menghalangi pasien diabetes untuk berpuasa.

"Unik di Indonesia, kalau di Amerika, begitu HbA1c naik, misalnya di atas 8,5, tidak boleh puasa karena kemungkinan terkena hipoglikemia atau gula darah menurun menjadi jauh lebih besar," jelas Dr.dr. Roy Panusunan Sibarani, SpPD-KEMD, ahli endokrinologi, kepada VIVA.co.id.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Karenanya, warga Amerika yang ingin berpuasa namun memiliki nilai HbA1c di atas 8,5, mereka akan diminta menandatangani surat pernyataan, bahwa jika terjadi suatu hal, negara tidak akan menanggugnya. Tapi sebaliknya, di Indonesia tidak pernah terjadi hal ini.

Meski HbA1c mencapai 12, puasa masih tetap dijalani karena pengaruh iman dan keyakinan. Walau demikian, Roy melanjutkan, dokter tetap bertanggung jawab dalam membimbing pasien seperti ini saat berpuasa.

Azab, Dosa Membatalkan Puasa Secara Sengaja di Bulan Ramadhan Ternyata Sangat Besar

Pasien juga diharapkan selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai obat yang digunakan, serta, Roy menyarankan, agar memperbanyak minum air putih.

"Tanyakan ke dokter, obat apa yang harus diubah, apakah ada insulinnya, konsultasikan ke dokter. Kemudian catat, kalau sudah merasa lapar itu artinya mulai hipoglikemia," ujar Roy.

Dan, jika rasa lapar sudah luar biasa disertai dengan keringat dingin, maka hipoglikemia sudah dalam keadaan gawat dan puasa harus dihentikan. Lalu, cek gula darah, jika di bawah 70 maka puasa harus dihentikan.
    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya