RESEP: Qamar Al-Din, Minuman Ramadan Khas Suriah

Ilustrasi minuman.
Sumber :
  • Pexels/lissa Fotios

VIVA.co.id – Di Indonesia ada kolak, es kelapa dan es buah, minuman yang sering dinikmati untuk berbuka puasa. Di Timur Tengah dan Afrika Utara ada qamar al-din, minuman yang mirip jus dari buah aprikot kering.

Kuliner Unik Ramadhan, Soto Bebek Kurma

Minuman satu ini sangat populer sepanjang bulan Ramadan. Awalnya, qamar al-din muncul di Suriah dan mulai menyebar ke daerah juga negara lain.

Konon, nama qamar al-din merupakan nama pria yang menciptakan minuman ini. Namun, hingga kini hak tersebut tidak diketahui kebenarannya.

Uniknya Kue Kicak, Takjil Khas Kampung Kauman Yogyakarta

Cara tradisional membuat minuman satu ini sebenarnya adalah dengan merendam buah aprikot kering yang telah dihaluskan di dalam air semalaman penuh.

Namun, karena dianggap terlalu lama, akhirnya ditemukan metode yang lebih praktis dan singkat, yakni dengan cara merebus buah aprikot kering. Berikut ini adalah resep lengkapnya, seperti dilansir dari laman Xawaash, Senin, 5 Juni 2017.

Menu Sedap Buka Puasa, Pindang Tempoyak Khas Palembang

Qamar Al-Din

Bahan-bahan
-200 gram buah aprikot kering yang telah dihaluskan
-2 cangkir air
-3 sdm gula pasir
-Air mawar secukupnya

Cara membuat

1. Menggunakan gunting, potong kecil-kecil buah aprikot kering.

2. Masukkan air, gula dan buah aprikot kering ke dalam panci. Masak dengan api sedang hingga mendidih sambil terus diaduk.

3. Saring dan diamkan hingga dingin. Tambahkan air mawar. Anda juga bisa menyimpannya di dalam lemari es atau menambahkan es batu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya