Sneakers Michael Jordan Pecahkan Rekor, Terjual Rp2,5 Miliar

Sneakers Michael Jordan
Sumber :
  • scpauctions.com

VIVA.co.id – Sepasang sepatu Michael Jordan yang pernah  dipakai dalam pertandingan basket berhasil dijual dengan harga tertinggi dan mencetak rekor dalam lelang baru-baru ini. Saat memakai sneakers tersebut, Jordan membawa pulang medali emas dalam laga melawan Spanyol di Olimpiade 1984.

Gak Lagi Sneakers, Tren Sepatu Kini Bergeser ke Dress Shoes

Sneakers tersebut terjual dengan harga sekitar Rp2,5 miliar. "Rekor harga sneakers yang dipecahkan Jordan membuktikan bahwa pebasket itu tidak memiliki tandingan untuk sepatu yang pernah digunakan dalam pertandingan bola basket," kata Dan Imler, Wakil Presiden SCP Auctions, seperti dilansir dari ABC News, Selasa, 13 Juni 2017.  

Rekor lelang sebelumnya untuk sepasang sepatu olahraga yang digunakan dalam pertandingan dipegang oleh sneakers Jordan lainnya yang dipakai dalam pertandingan final NBA pada tahun 1997. Pertandingan itu dikenal dengan nama Flu Game sebab saat itu Jordan sedang sakit flu, namun dia berhasil mencetak angka 38 poin untuk kemenangan Bulls atas Jazz. Sneakers itu terjual dengan harga Rp1,4 miliar pada tahun 2013.

Intip Tren Streetwear, Warnai Transformasi Gaya Fashion di Shopee 3.3 Grand Fashion Sale

Sementara sneakers Jordan dari Olimpiade 1984, yang ditandatanganinya dianggap sebagai sepasang sepatu terakhir yang dipakainya dalam pertandingan sebagai pemain amatir. Sneakers tersebut diperoleh dari seorang ballboy yang kebetulan adalah putra dari pebasket besar Los Angeles Lakers bernama Gail Goodrich. Pertandingan itu dimainkan di The Forum, Los Angeles.

Ini juga menandai terakhir kalinya Jordan mengenakan Converse dalam sebuah pertandingan resmi. Jordan, yang memakai Converse sepanjang kariernya menjadi pemain basket saat di bangku kuliah karena dikontrak Converse senilai US$10 ribu per tahun.

Gandeng Indonesian Sneaker Team, Ortuseightlifestyle Rilis The Vagabond

Dia bertanding untuk Chicago Bulls tiga minggu sebelum melakukan pertandingan resmi membawa nama Amerika Serikat dalam Olimpiade 1984. Jordan mencetak 20 poin dengan kemenangan 96-65 atas Spanyol pada 10 Agustus 1984.

Kontraknya dengan Converse berakhir setelah Nike menawarkan kontrak menggiurkan selama lima tahun dengan nilai US$500 ribu per tahunnya ditambah opsi saham dan penyematan nama dalam sepatu Nike. Jordan, yang menandatangani kesepakatan dengan Bulls pada bulan September, menandatangani kesepakatan dengan Nike pada bulan Oktober 1984. Dalam dua bulan pertama rilis Air Jordans, sneakers itu membukukan penjualan hingga US$70 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya