Timbul Varises Akibat Kegemukan?

Tanya:
Saya berusia 24 tahun, bertubuh gemuk (150cm/57kg). Dulu saya aktif dalam kelompok bela diri. Setelah beberapa bulan tidak aktif, bentuk tubuh saya makin membesar. Terutama di bagian perut, betis, dan bokong. Anehnya, belakangan ini, di bagian paha dan belakang lutut saya muncul varises. Apakah ini akibat kegemukan? Selain itu, untuk mengurangi bobot tubuh, iet dan dolahraga apa yang cocok buat saya?

adxxx@hotmail.com

Jawab:
Sebenarnya, munculnya varises tidak ada hubungannya dengan kegemukan. Keadaan  varises dapat dipicu oleh beberapa kondisi, antara lain berdiri terlalu lama. Varises di seputar paha dapat dicegah dengan meletakkan kaki lebih tinggi dari kepala di saat tidur. Bila tak berhasil, konsultasikan  dengan dokter ahli bedah vaskuler (pembuluh darah).

Jika dilihat dari berat dan tinggi badan yang disebutkan, Anda tergolong kelebihan berat badan. Untuk mengurangi bobot yang berlebih, Anda bisa mencoba diet 1500 kalori. Diet ini cukup baik untuk Anda, dan tidak menimbulkan efek samping, misalnya turunnya kadar hemoglobin (Hb) atau daya tahan tubuh. Namun, usahakan penurunan berat tidak secara drastis, cukup 2-4 kg per bulan. Dengan berkurangnya berat badan, otomatis betis dan bokong pun akan mengecil.

Kurangi juga konsumsi lemak (minyak, santan, dan makanan yang gurih) dan gula (kue manis, minuman ringan, sirop, teh manis). Makanlah teratur dengan porsi kecil. Sarapan pagi mutlak dilaksanakan. Bila dalam berdiet terasa lemas, lakukan aktivitas fisik ringan, misalnya berjalan seputar rumah atau kantor.

Sebaiknya, lakukan olahraga yang mudah tapi efektif menurunkan berat badan seperti jalan kaki di pagi hari, diselingi  jogging. Turunkan intensitas jogging bila Anda mulai tersengal. Lalu lanjutkan dengan 10 menit berjalan kaki, sampai total olahraga Anda berjumlah  45-60 menit.
   
Catatan :
- Sebelum makan, minum dulu segelas air putih, kemudian sayur, baru nasi dan lauk-pauk.
- Usahakan baru  tidur  2 jam setelah makan.
- Kurangi pemakaian garam, buang lemak dari daging, minum air putih tak dibatasi.

Kronologi Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal Dunia saat Jalani Seleksi Paskibra
Sebuah rumah di Bangkalan hancur usai petasan meledak, tiga orang jadi korban.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban

Sebuah rumah di Desa Sembilangan, Kabupaten Bangkalan, Madura, hancur usai petasan meledak pada Jumat petang 19 April 2024. Ledakan mercon diketahui melukai tiga orang.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024