Hijab Evolution, Busana Lebaran Karya Oki Setiana Dewi

Busana Karya Oki Setiana Dewi
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bimo Aria

VIVA.co.id – Desainer baju muslimah, Oki Setiana Dewi, kembali mengeluarkan koleksi terbarunya yang dipersiapkan khusus menyambut Hari Raya Idul Fitri. Dalam 10 koleksinya kali ini, ia mengambil tema Hijab Evolution.

Ridho Ilahi Pilih Hadiah Ini untuk Sang Ibu di Hari Lebaran

"Tema hari ini hijab evolution, artinya setiap orang yang memilih untuk berkerudung harus berproses. Dia tidak bisa langsung berubah 180 derajat," ungkap Oki saat ditemui dalam Hijab Fashion Parade di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis 15 Juni 2017.

Kesan tersebut ditampilkannya pada lima koleksi pertamanya, dengan bahan dasar jacquard berwarna hitam putih dengan manik-manik yang menampilkan kesan wanita modern masa kini yang elegan gesit. Untuk hijabnya sendiri, dia memilih hijab yang tidak menutup dada sebagai penanda seorang yang baru belajar berhijrah mengenakan hijab.

Terpopuler: MUI Minta Film Kiblat Tidak Tayang sampai Harapan Teuku Ryan

"Putih dan hitam itu sebagai wanita modern yang mandiri dan produktif tapi juga elegan. Itu tergambar hitam dan putih sekaligus lambang muslimah. Ada sisi hitam yang artinya misterius yang tidak banyak orang tahu, dan sesekali bicara menyuarakan kepentingan perempuan, tapi ada sisi putihnya, ada ketenangannya bahwa warna hitam putih mencerminkan dua kepribadian," ungkap dia.

Sementara untuk lima koleksi kedua, dia lebih memilih bahan sifon dengan aksen manik-manik yang sama, namun dengan kesan lebih anggun dan feminin. Untuk tampilan hijab sendiri, pada koleksi keduanya ia sengaja memilih hijab syar'i hingga menutup dada.

Jadi Saksi di Sidang Cerai Ria Ricis, Ini Kata Oki Setiana Dewi

"Lima berikutnya tidak adà lekukan tubuh, tidak mencetak badan seperti  dianjurkan Tuhan. Itu proses berikutnya, artinya kita harus menghargai proses berhijab tidak boleh menghakimi, mulai dari yang belajar sampai yang syar'i jadi itu maksud tersembunyi dari situ," ungkap dia.

"Hari ini saya menampilkan 10 koleksi hijab temanya hijab evolution yang artinya evolusi dalam berhijab dengan lima koleksi pertama adalah koleksi yang berbahan dasar jacquard atau baju yang berbahan dasar kaku dengan detail 3D brokat. Kemudian ada manik-manik dan itu menggambarkan wanita modern masa kini yang elegan gesit, sehingga bahannya lebih kaku."

Lima koleksi pertama dengan warna putih dan hitam juga mempunyai makna tersendiri bagi Oki. Menurutnya, warna tersebut menampilkan kepribadian perempuan dalam dua sisi, yakni hitam menggambarkan sisi tersembunyi dari perempuan, dan warna putih menggambarkan kesucian.

Pesan keseluruhan yang ingin ia tampilkan dari koleksinya kali ini ialah bahwa setiap orang harus menghargai proses hijrah tiap perempuan.

"Setiap orang yang memutuskan berhijrah untuk berkerudung mereka perlu proses yang kita hargai,  setiap orang yang ingin berubah tidak bisa langsung dengan sempurna pakai hijab jadi semua berproses." (one)

Busana Karya Oki Setiana Dewi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya