TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Waspadai Penyakit Ini Serang Si Kecil saat Mudik

Kenali gejalanya dan selalu membawa obat.
Waspadai Penyakit Ini Serang Si Kecil saat Mudik
Ilustrasi mudik bersama keluarga (Viva.co.id/Solihin)

VIVA.co.id – Menjelang Lebaran, persiapan untuk pulang kampung bertemu keluarga besar, menjadi tradisi yang tidak terlupakan. Namun, saat mudik, tidak jarang, banyak yang rentan menderita penyakit, khususnya kelompok bayi dan anak.

Bayi dan anak termasuk dalam kelompok yang rentan mengalami sakit. Terlebih, mudik ke kampung halaman, membutuhkan waktu yang cukup lama di jalan, sehingga serangan penyakit tidak terhindarkan.

"Kebanyakan penyakit yang sering muncul saat anak mudik yaitu batuk dan pilek. Selain itu, bila berlanjut, bisa demam, muntah, diare atau bahkan gatal-gatal pada kulit," ujar spesialis Anak, dr. Rosary SpA., di RS Evasari, Jakarta, Seninm 19 Juni 2017.

Menurut Rosary, penyakit tersebut rentan diderita anak, karena fisiknya yang masih belum maksimal. Untuk itu, disarankan agar orang tua mampu mengenali gejala penyakit tersebut pada anak, walaupun gejalanya hanya terlihat sangat sedikit dan samar.

"Kalau anak alami gangguan kesehatan selama mudik, ibu dan ayah harus mengenali gejala penyakit apa dan perkiraan penyebabnya apa. Setelah dikenali, anak bisa dijauhkan dari penyebabnya dan bisa diberikan pertolongan pertama pada masing-masing penyakit," tutur Rosary.

Pertolongan pertama, menurut Rosary, memang berbeda-beda pada tiap penyakit. Namun, jika pertolongan pertama telah diberikan dan si kecil belum juga membaik, ada baiknya untuk tidak melanjutkan perjalanan.

"Jika masalah tertangani dan tidak berat, bisa melanjutkan perjalanan. Tapi, jika setelah pertolongan pertama kondisi anak tidak membaik, segera bawa ke pelayanan kesehatan terdekat," kata dia.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP