TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Cegah Katarak dengan Konsumsi Buah dan Sayur

Katarak sendiri, dihasilkan dari radikal bebas yang menumpuk di tubuh.
Cegah Katarak dengan Konsumsi Buah dan Sayur
Sanduk Ruit menemukan metode operasi katarak berbiaya rendah (Reuters)

VIVA.co.id – Konsumsi buah dan sayur yang beragam, mengandung mineral yang tinggi, terbukti baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat baiknya, bahkan bisa mencegah penyakit katarak pada mata.

Tak hanya itu, manfaat baik dari sayur dan buah, juga berperan penting dalam mencegah radikal bebas untuk masuk ke tubuh.

"Radikal bebas itu bisa dari mana saja dan menyebabkan dampak buruk pada tubuh. Menurut penelitian, dengan intake makanan antioksidan dari sayur dan buah, dapat menangkap radikal bebas yang merusak sel," ujar spesialis mata, dr. Gustri Kusuma Wardhani SpM., di RS Evasari, Jakarta, Senin 19 Juni 2017.

Katarak sendiri, dihasilkan dari radikal bebas yang menumpuk di tubuh. Terlebih, bagi para perokok, paparan asapnya dan kandungan di dalamnya, mengandung radikal bebas yang memicu risiko katarak semakin tinggi.

"Hindari merokok untuk memperbaiki penyerapan nutrisi baik untuk mata. Konsumsi juga buah dan sayur yang tinggi vitamin C dan E, yang juga mengandung antioksidan, sebesar 32 persen," papar Gustri.

Selain berhenti merokok dan konsumsi sayur serta buah, perlindungan mata dari sinar matahari juga harus maksimal. Sebab, sinar matahari di siang hari, turut mengandung radikal bebas yang tidak baik jika terpapar pada mata.

"Untuk menghindari paparan sinar matahari langsung pada mata, lindungi mata dengan kacamata yang mengandung penangkal sinar UV, serta pakai topi yang menghalangi pantulan sinar UV," kata dia. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP