Obat yang Wajib Dibawa saat Mudik Bersama Anak

Kendaraan pemudik saat melintas di jalan tol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id –  Kenyamanan saat mudik, khususnya bersama si kecil, menjadi prioritas utama. Untuk itu, kebutuhan utama untuk buah hati, tentunya harus dipersiapkan sebelum memulai perjalanan, termasuk obat-obatan yang penting sebagai pertolongan pertama.

Benjol di Kepala Anak, Perhatikan! Ini yang Harus Orang Tua Lakukan

Dituturkan spesialis anak RS Evasari, dr. Rosary SpA., persiapan mudik dengan balita harus dimulai dengan pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan pada anak. Sehingga, saat di perjalanan, kenyamanan bisa tercipta dengan kondisi fisik yang maksimal dari anak.

"Kalau mau mudik nyaman bareng balita, utamakan jaga kesehatan dan periksa si kecil ke dokter. Dari situ bisa dipersiapkan kebutuhan makanan, minuman, pakaian, serta obat untuk anak," lanjut Rosary.

Polusi Udara Masih Memburuk, Pakar Waspadai Risiko Alergi Meningkat pada Anak

Salah satu penyakit yang umum diderita anak saat mudik yaitu batuk atau pilek. Kondisi tersebut, lanjut Rosary, harus mempersiapkan obat jenis mukolitik, dekongestan,dan anti alergi.

"Berikan dekongestan agar kondisi anak bisa membaik. Selain itu, biasanya demam sering hadir saat di perjalanan mudik, sehingga harus dipersiapkan parasetamol dan cairan yang banyak untuk si kecil," kata dia.

Anak Anemia Rentan Dirundung Gegara Lemot, Bahaya Depresi Mengintai

Termometer, jika ada, juga bisa dibawa untuk terus memantau suhu si kecil. Jika sudah sampai kondisi diare, siapkan oralit atau larutan gula garam. Berikan pula makanan yang mudah dicerna.

"Bila penyakit yang sering timbul pada anak adalah mabuk kendaraan, sebelum berangkat dapat diberikan dahulu obat untuk mengurangi mual dan muntah. Usahakan berikan minum jika kondisi anak telah membaik dan ajak anak untuk melihat keluar jendela atau pemandangan yang jaraknya jauh dan mengurangi pemakaian gadget."

Ilustrasi cuaca panas

Catat Moms, Ini Trik Si Kecil Aman Bermain di Tengah Suhu Panas Ekstrem

Panas ekstrem menimbulkan risiko kesehatan bagi semua orang dan ini merupakan tantangan tersendiri untuk anak-anak yang senang berada di luar ruangan pada musim panas.

img_title
VIVA.co.id
16 Oktober 2023