TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Tips Jaga Kesehatan dan Kebersihan Si Kecil saat Mudik

Orangtua disarankan memiliki kotak khusus untuk si kecil.
Tips Jaga Kesehatan dan Kebersihan Si Kecil saat Mudik
Pemudik mulai padati Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin, 19 Juni 2017. (Anwar Sadat - VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Tidak hanya pakaian dan mainan, kenyamanan si kecil dalam perjalanan mudik juga bisa didapatkan dari kebersihan tubuhnya. Namun, menjaga kebersihan tubuh si kecil bukan hal yang mudah. Bahkan, seringkali diabaikan saat dalam perjalanan.

Dituturkan spesialis anak RS Evasari, dr. Rosary SpA., orangtua disarankan memiliki kotak khusus untuk si kecil. Kotak tersebut berisi peralatan penting sebagai kebutuhan untuk si kecil.

"Penting untuk membawa kotak pertolongan pertama yang berisi seperti parasetamol, tabir surya, losion anti serangga, dan tisu basah anti bakteri. Jaga kesehatan anak dengan memberikan makanan dengan gizi seimbang," ujar Rosary, senin 19 Juni 2017.

Selama membawa makanan, penting  juga diperhatikan bagaimana menjaga kebersihannya. Saat akan mengonsumsi makanan, ajak si kecil untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

"Biasakan Anda dan balita cuci tangan sebelum makan dan saat mempersiapkan makanan. Jika tidak ada air bersih, siapkan saja hand sanitizer," paparnya.

Dengan mencuci tangan, bisa mencegah kehadiran kuman yang masuk ke dalam tubuh, agar terhindar dari penyakit. Selain itu, penting juga untuk rutin mengganti popok si kecil atau pakaiannya yang basah, sehingga ia terhindar dari dampak buruk yang mengintai.

"Jika bayi masih mengenakan popok, usahakan mengganti popok tiap 3-4 jam sekali agar daerah selangkangan tidak lembap. Disarankan untuk mengganti pakaian anak bila telah basah oleh keringat agar terhindar dari tumpukan kuman."

Termometer, jika ada, juga bisa dibawa untuk terus memantau suhu si kecil. Jika sudah sampai kondisi diare, siapkan oralit atau larutan gula garam. Berikan pula makanan yang mudah dicerna.

"Bila penyakit yang sering timbul pada anak adalah mabuk kendaraan, sebelum berangkat dapat diberikan dahulu obat untuk mengurangi mual dan muntah. Usahakan berikan minum jika kondisi anak telah membaik dan ajak anak untuk melihat keluar jendela atau pemandangan yang jaraknya jauh dan mengurangi pemakaian gadget."

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP