Kurma Jenis Ini Cocok Diolah untuk Hidangan Lebaran

Ilustrasi kurma
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Kurma memang identik dengan Ramadan tapi bukan berarti kurma tidak disajikan saat merayakan hari Lebaran. Tak hanya dimakan langsung, buah ini bisa diolah ke dalam berbagai bentuk masakan.

Minum Jus Jambu, Kurma dan Angkak Bisa Sembuhkan DBD?

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua kurma cocok diolah menjadi makanan tertentu. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin menambahkan kurma dalam masakan Anda.

Chef Putri Mentari memberikan sedikit tips memilih kurma untuk masakan. Kata dia, jika makanan yang dibuat pengolahannya panjang, seperti membuat kue, pilihlah kurma yang agak keras. Ini perlu agar rasa kurma tidak hilang dan kue menjadi lebih kaya tekstur.

Mie Instan dan Kurma Wajib Kamu Beli saat Ramadan

"Kalau bikin kue atau cake kurma, cari kurma yang enggak terlalu mahal atau kurma curah itu lebih enak, ada bite-nya, dan enggak hancur banget kalau dimasak," kata dia saat ditemui di acara Dapur Ramadan Shopee belum lama ini.

Sedangkan untuk makanan yang pengolahannya tidak rumit dan sederhana, sebaiknya gunakan kurma yang lebih lembut. Biasanya kurma ini dijual dengan harga lebih tinggi ketimbang kurma dengan daging yang lebih keras.

Manfaat Kurma, dari Kesehatan Jantung Hingga Seksualitas

"Kalau misalnya makanan enggak terlalu di olah kayak es buah, aku biasanya pilih yang kurma agak mahal karena rasanya enak lembut," ujar dia.

Selain itu kata dia, untuk mencampurkan kurma dalam masakan, buang bijinya terlebih dahulu dan sebaiknya kurma tidak dipotong terlalu kecil. Anda bisa memasukkan kurma bulat-bulat atau cukup potong menjadi dua atau tiga bagian saja.

Pemain Persija Jakarta, Sandi Darma Sute (kanan).

3 Buah Kurma, Menu Buka Puasa Gelandang Persija Jelang Pertandingan

Jika harus menjalani pertandingan sesudah buka puasa, gelandang Persija Sandi Darma Sute, hanya makan 3 buah kurma.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2021