Kenali Jenis Keputihan Gejala Penyakit Kelamin

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Penyakit kelamin bisa menyerang siapa saja. Tak hanya akibat dari hubungan seksual, penyakit kelamin juga bisa menyerang ketika orang kurang memahami bagaimana pentingnya menjaga kesehatan organ intim.

Dicibir Richard Lee saat Sakit Kulit, Kartika Putri: Dia Orang Berpendidikan Kan?

Menurut dr Rita Maria, SpKK dari Klinik Kulit Sehatku mengatakan bahwa kebanyakan orang melakukan seks aman hanya untuk mencegah kehamilan. Padahal di luar sana, ada banyak berbagai macam penyakit menular seksual yang bisa menyerang kapan saja.

Pada wanita seringkali masalah kelamin yang timbul adalah keputihan. Penyakit vagina yang dialami wanita kebanyakan ini ada yang normal dan ada yang sudah menjadi penyakit. Jika normal, keputihan yang berupa lendir tidak gatal dan bau. Namun jika sudah tidak normal maka sebaliknya.

Sembuh dari Penyakit Kulit, Kartika Putri Balas Netizen yang Sebut Dirinya Kena Azab

"Sampai saat ini kalau untuk wanita penyakit kelamin yang paling umum itu adalah keputihan. Itu terjadi karena kurangnya perawatan yang benar sehingga munculnya bakteri yang menyebabkan keputihan," ujar dr Rita kepada VIVA.co.id.

Dia menuturkan bahwa pada pria biasanya adalah kutil kelamin. Ini merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang mudah menyebar.

Kartika Putri Ungkap Kronologi Penyakit Kulit yang Diidap, Awalnya Benjolan Air di Dahi dan Bibir

Penyakit ini biasanya terjadi pada mereka yang sering melakukan seks bebas sehingga terkena infeksi dari human papillomavirus. Bentuk kutil akan muncul pada bagian luar, ukuran kecil, benjolan daging berwarna merah, dan terlihat berkembang atau terdiri dari susunan.

"Kalau penyakit kelamin pria biasanya yang  sering saya tangani biasanya kutil kelamin. Kondisi penyakit ini paling sering ditemukan dan ini disebabkan karena sering berhubungan seks bebas dan berganti-ganti pasangan," ujarnya.

Kartika Putri.

Berawal Saling Sindir, Richard Lee dan Kartika Putri Memanas Lagi

Richard Lee dan Kartika Putri kembali terlibat dalam perseteruan di media sosial. Hal ini berawal sejak Kartika Putri mengalami penyakit kulit akibat autoimunnya.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2024