Misteri Kincir Air Noria di Kota Tua Suriah

Salah satu sudut kota di Suriah dengan kincir angin legendaris .
Sumber :
  • Johan Siegers/Flickr

VIVA.co.id – Suriah merupakan salah satu pusat peradaban tertua di dunia. Negara yang terletak di Timur Tengah ini memiliki teknologi-teknologi paling tua dunia, salah satunya kincir angin.

6 Fakta Menarik Minas Gerais, Kota Kelahiran Legenda Sepakbola Brasil Pele

Kota kuno Suriah, Hama, memiliki 17 kincir air bersejarah yang menakjubkan. Kincir air-kincir air ini  terletak di sepanjang sungai Orontes yang berasa dari era Bizantium.

Dikutip Amusing Planet, Sabtu 24 Juni 2017, kincir air yang disebut noria ini adalah bagian dari sistem irigasi. Sayangnya kincir tersebut sekarang tidak berfungsi,

Wow, Ini Dia 6 Keajaiban Alam Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Noria dirancang untuk mengangkat air dari sungai dan memindahkannya melalui saluran air ke ladang pertanian dan rumah-rumah. Keberadaan noria pun hingga kini terbilang misterius.

Namun, berdasarkan tulisan kuno Marcus Vitruvius Pollio, seorang insinyur militer Romawi, noria kemungkinan ditemukan oleh orang Romawi pada abad ke pertama sebelum masehi (SM). Adapun sumber lain mengatakan, noria dikembangkan di India pada abad kelima atau keempat SM dan oleh Yunani sekitar akhir abad ketiga atau awal abad kedua SM.

Sensasi Tidur 'Menggantung' di Pohon Pinus dengan Cara Mewah

Kini noria akhirnya diadopsi oleh insinyur muslim. Ia telah melakukan renovasi terhadap noria tersebut, seperti penambahan mekanisme roda yang digunakan untuk memperlancar pengiriman daya. Setelah itu, noria pun menjadi terkenal di hampir seluruh negara Timur Tengah.

Beberapa noria digunakan di dunia Islam abad pertengahan berukuran besar dengan diameter 20 meter, dan bisa mengangkat sebanyak 2.500 liter air per menit. Noria-noria di Hama adalah contoh teknologi Abad Pertengahan yang paling banyak bertahan.

Pada satu titik, ada lebih dari tiga puluh noria di Hama, tapi hanya 17 roda air asli yang bertahan sampai abad ke-21. Mereka masih dalam kondisi kerja yang baik, meski air dari roda ini sudah tidak digunakan lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya