Camilan Sehat Jelang Tidur agar Berat Badan Tidak Naik

Biskuit gandum
Sumber :
  • Pixabay/Feelphotoz

VIVA.co.id – Lapar dan keinginan untuk makan di saat tengah malam hampir dialami banyak orang. Untuk mencegah kenaikan berat badan akibat hal tersebut, konsumsi camilan yang tepat, sangat dianjurkan.

Cuma 5 Menit, Resep Camilan Sehat Segar Cegah Diabetes

Dilansir dari laman Medical Daily, Sabtu 24 Juni 2017, camilan yang salah saat sebelum tidur, berdampak pada kesehatan tubuh, seperti kualitas tidur yang buruk, diabetes, hingga obesitas. Untuk mencegah hal itu dianjurkan untuk menghindari beberapa makanan tertentu.

Jenis makanan yang mengandung lemak jenuh, pedas, gula tinggi, berkafein, atau alkohol, sebaiknya dihindari, karena membuat pencernaan menjadi terganggu. Misalnya, makanan yang mengandung gula tinggi, membuat kenaikan gula darah menjadi drastis, dan memicu tubuh untuk tetap terjaga, sehingga sulit tidur.

5 Cemilan Sehat untuk Kamu yang Sedang Diet Mediteranian

Dianjurkan untuk memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, dan beberapa protein untuk membuat tubuh tidak kelaparan di pagi hari. Hal ini dikarenakan beberapa kandungan baik di dalam kedua jenis makanan tersebut.

Saat karbohidrat kompleks dicerna, tubuh merilis serotonin, yang membantu tubuh untuk relaks dan mudah terlelap. Sedangkan, protein membantu tubuh tetap merasa kenyang hingga pagi hari.

Cara Membuat Salad Buah Sederhana dengan Tiga Jenis Buah Saja

Jenis makanan yang dianjurkan yaitu paduan antara sereal tinggi serat dan susu, atau satu potong keju dan biskuit gandum utuh. Selain itu, minuman yang sebaiknya dipilih yaitu segelas air mineral sehat yang menjaga tubuh tetap tenang dan merasa nyaman sepanjang malam.

Kunci utama saat mengonsumsi makanan di malam hari menjelang tidur, yaitu pemilihan jenis makanan yang sehat. Selain itu, porsi yang kecil juga dianjurkan. Hal ini dilakukan agar sistem pencernaan tetap mampu berfungsi dengan baik.

Ayu Ting Ting

Ayu Ting Ting Doyan Ngemil Tetap Langsing, Ini Rahasianya

Rupanya, kebiasaan ngemil ini juga jadi hobi Ayu Rosmalina atau yang akrab dikenal dengan Ayu Ting Ting. Dia mengaku, hobi mengkonsumsi cemilan di sela sela waktu sibuk

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2023