Lima Destinasi Wisata Alam di Bandung yang Indah

Taman Hutan Raya Bandung
Sumber :
  • http://2.bp.blogspot.com

VIVA.co.id – Hari Raya Idul Fitri biasanya dimanfaatkan warga untuk berlibur. Jika Anda warga Bandung, perantauan atau ingin melakukan perjalanan ke Bandung, bisa menjelajahi beberapa tempat wisata populer ini.

Zodiak Hobi Fitnah Hingga Wisata Bandung Ala Korea

Berikut lima wisata alam di Bandung yang menarik dikunjungi saat libur lebaran seperti dirangkum VIVA.co.id.

1. Tangkuban Perahu

Hits! Intip 8 Wisata Bandung yang Jadi Spot Foto Instagramable

Keindahan Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Pulau Jawa dan termasuk dalam kategori jenis Strato dengan kawah ganda. Kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu terletak sekitar 30 kilometer di sebelah utara kota Bandung.

Rencana Liburan ke Bandung? Ini Pilihan Destinasi Wisatanya yang Yahud

Puncak gunung tertinggi di kawasan ini berada pada ketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata ini memiliki pemandangan alam yang sangat luar biasa indahnya sehingga banyak dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Wisata Gunung Tangkuban Perahu memiliki nilai sejarah yang melegenda. Selain itu, gunung ini memiliki sembilan kawah yang masih aktif hingga sekarang, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domas, Kawah Ecoma, Kawah Jurig, Kawah Siluman, Kawah Baru, Kawah Lanang, Kawah Jarian dan Pangguyangan Badak.

Saat berkunjung ke sana, Anda juga akan menjumpai beberapa sumber air panas mendidih dengan aroma asap belerang. Adapun akses menuju ke Gunung Tangkuban Perahu tak sulit, karena jalanannya terpantau rapi dan bisa diakses, baik mobil pribadi, sepeda motor maupun bus.

2. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih, Ciwidey, Bandung.

Lokasi Kawah Putih hanya sekitar 50 kilometer dari Kota Bandung, tepatnya di Jalan Raya Soreang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Anda bisa melihat danau kecil yang tercipta dari letusan Gunung Patuha abad ke-10.

Letusan vulkanik itu membuat kawah putih menyuguhkan keindahan luar biasa. Sementara asap putih terus keluar dari kawah belerang dan airnya yang selalu berubah warna mengikuti cuaca.

Kawah Putih Ciwidey pun dikenal karena pesona keindahan dan keromantisannya. Tempat ini kerap dijadikan background fotografi, film, melukis, dan juga pre wedding. Juga dijadikan ajang aktivitas menantang lainnya seperti hiking dan berkuda.

Kawah Putih berada di ketinggian 2.400 meter dari permukaan laut. Jadi, jika ke sini, jangan lupa bawa jaket atau baju tebal. Adapun tiket masuk ke Kawah Putih Rp20 ribu per orang. Dan jam operasionalnya mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

3. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya, Bandung

Taman Hutan Raya atau yang biasa disingkat dengan sebutan Tahura berjarak hanya 30 menit dari pusat kota Bandung. Lokasi tepatnya di  Jalan Ir. H. Juanda, Lembang, Jawa Barat.

Taman ini membentang di lahan seluas 590 hektare. Tujuan dibuatnya Taman Hutan Raya adalah sebagai hutan lindung dan kawasan konservasi bagi aneka tumbuhan, serta bunga di Bandung.

Di taman ini terdapat museum yang memamerkan barang-barang peninggalan tokoh nasional Ir. H. Juanda serta berbagai artefak yang ditemukan di sekitar kawasan ini.  Salah satu lokasi populernya adalah Tebing Keraton, sebuah tebing dengan pemandangan hutan pinus yang indah.

Di taman ini juga terdapat dua air terjun berbeda, yakni Curug Lalay dan Curug Omas. Untuk masuk ke lokasi ini, Anda dikenakan tiket masuk Rp11 ribu per orang dengan jam operasional  pukul 08.00-18.00 WIB.

4. Tebing Keraton

Tebing Keraton

Spot berbeda bagi kalian yang ingin menikmati Bandung dari sudut berbeda. Berlokasi di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda,Tebing Keraton menawarkan panorama Bandung yang memikat dari ketinggian sekitra 1.200 meter di bawah permukaan laut. Selain pemandangan gedung-gedung tinggi dari kejauhan, terhampar juga lembah yang dipenuhi dengan pepohonan hijau.

Akses menuju tebing itu tidak juga sulit. Dari pintu gerbang Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, pengunjung bisa menggunakan sepeda maupun motor atau jalan kaki melalui kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial yang berjarak sekitar lima kilometer.

Tiket masuk Tebing Keraton bagi wisatawan lokal pun terbilang murah, yakni sekitar Rp11 ribu, dan Rp76 ribu untuk wisatawan asing. Sedangkan untuk biaya parkir, cukup mengeluarkan biaya Rp5 ribu untuk sepeda motor dan Rp10 ribu untuk mobil.

Diketahui pula, tebing ini terbilang sudah ada sejak lama. Namun, orang-orang sekitar lebih mengenalnya dengan nama Cadas Jontor. Adapun menjadi Tebing Keraton, berarti kemewahan alam, kemegahan alam, dan keindahan alam yang bisa dinikmati bersama.

5. Bukit Moko

Bukit Moko, Bandung.

Bukit Moko terletak di atas ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Karena itu, tempat ini dikenal sebagai bukit bintang. Daerahnya sangat sejuk sehingga jangan heran jika kawasan wisata ini selalu tampak diselimuti kabut tebal, terutama di waktu pagi, menjelang sore, dan di malam hari.

Adapun ragam aktivitas asyik yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Bukit Moko, di antaranya menelusuri hutan pinus dengan udara yang sejuk, matahari terbenam di sore hari, dan lanskap kota Bandung. Selain itu, Anda juga bisa mengamati jenis burung, melakukan foto pre-wedding hingga wisata kuliner di warung Dawean.

Tidak ada kendaraan umum yang bisa melewati akses menuju Bukit Moko, sehingga satu-satunya cara adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi, sepeda, motor, mobil, atau kalau ingin ekstrem bisa dengan berjalan kaki. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya