Lima Tempat Wisata Menarik di Malang Saat Libur Lebaran

Suasana di kampung warna-warni kota Malang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya (Malang)

VIVA.co.id – Libur Lebaran banyak juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan ke sejumlah tempat wisata. Salah satu destinasi yang bisa dipilih adalah kota Malang, Jawa Timur.

4 Lokasi Wisata Petik Apel di Malang, Wajib Kunjungi

Di Malang, banyak terdapat tempat-tempat wisata yang layak dikunjungi. Mulai dari wisata lokal, tempat pemandian, pemandangan, taman hiburan dan kebun binatang, hingga tempat-tempat bersejarah.

Sedikitnya, ada lima tempat-tempat wisata di Malang ini yang layak dikunjungi, menurut Viva.co.id.

Menata Hati Sambut Bulan Suci

1. Jodipan Village atau Kampung Warna-warni

Kampung warna-warni kota Malang

Liburan Lengkap Bersama Keluarga di Kota Malang

Wisata kampung warna-warni terletak di bantaran sungai Brantas, Jalan Juanda, Kelurahan Jodipan, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Kampung ini dijuluki sebagai Rio de Janeiro ala Indonesia. Karena menyerupai kawasan Kisckstater, Rio de Jeneiro, Brasil.

Hanya dengan membayar Rp2 ribu per orang, wisatawan bisa menikmati tempat-tempat pilihan di kampung tersebut. Tak hanya untuk berwisata, tempat ini bisa dimanfaatkan wisatawan berekreasi sambil belajar.

Tempat belajar itu bernama perpustakaan Pagupon, hasil swadaya masyarakat setempat. Buku anak-anak, buku pelajaran, buku pengetahuan hingga novel tertata rapi dalam Pagupon ini. Bagi pengunjung Kampung Warna-warni yang ingin membaca buku, tidak dipungut biaya.

2. Hawai Waterpark

Hawai Waterpark adalah variasi baru tempat wisata air terbesar dan pertama di kota Malang. Seluruh taman wisata air ini menyajikan tema Hawai di seluruh areanya melalui penerapan Hawai cabana, dekorasi, dan background.

Wisata air dengan luas 28 ribu meter persegi ini terletak di perumahan Graha Kencana, Jalan Raya Karanglo Malang dengan akses yang sangat strategis dari bandara, stasiun, dan terminal. Dengan Rp100 ribu untuk anak-anak dewasa di hari libur dan Rp75 ribu untuk anak-anak dan dewasa di hari kerja, Anda bisa menikmati berbagai wahana yang berkualitas internasional.

Ada sembilan wahana, yaitu yaitu Hawai Water House, Waikiki Beach (tsunami pool), Waimea Stream River, Mavi Island, Rainbow Fall, Akaolu pool, Ekolu slide, Hula-hula slide, Wailele Slide. Wisata ini buka dari setiap harinya mulai pukul 10.00-17.00 WIB.

3. Jatim Park 2

Jatim Park 2 ini terletak di Jalan Oro-oro Ombo, Batu, Malang, Jawa Timur.  Jatim Park 2 menawarkan dua zona wisata utama, yaitu Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Di Museum Satwa, Anda bisa melihat binatang dari berbagai benua yang diawetkan dan diletakkan di lokasi yang dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya.

Ada juga replika kerangka raksasa dinosaurus yang menjadi salah satu objek foto favorit wisatawan. Selain itu, Anda bisa melihat beragam jenis serangga yang diawetkan di insectarium, mulai dari kumbang, belalang, laba-laba sampai kupu-kupu berbagai warna.

Puas melihat binatang yang telah diawetkan, saatnya melihat binatang yang masih hidup di Batu Secret Zoo. Kebun binatang ini adalah satu-satunya kebun binatang berkonsep modern di Indonesia. Anda akan merasakan sensasi berbeda saat mengunjungi kebun binatang ini, karena hanya ada lapisan kaca yang memisahkan Anda dengan sejumlah binatang buas, seperti singa dan harimau.

4. Eco Green Park

Eco Green Park berjarak 30 kilometer atau sekitar 45 menit dari kota Malang. Bersebalahan dengan Batu Secret Zoo dan Jatim Park 2, tepatnya terletak di Jalan Oro-oro Ombo, Batu, Malang, Jawa Timur. Eco Green Park memiliki luas sekitar lima hektare dengan memiliki beberapa wahana.

Tempat ini menyediakan tempat wisata bertema study and fun, serta bernuansa alam. Berisi tentang ekosistem dan reptil yang lengkap bertaraf internasional. Berkonsep perpadanan antara alam, kebudayaan, lingkungan, dan seni yang inspiratif, menarik, serta mendidik.

Selain sebagai tempat wisata, tempat ini juga memberikan wisata edukasi untuk anak-anak yang bertujuan agar anak-anak bisa belajar tentang ekosistem.  Eco Green Park buka pukul 9.00 dengan biaya tiket masuk Rp30 ribu di hari kerja dan Rp40 ribu di hari libur dan hari libur nasional. Adapun biaya tiket terusan Jawa Timur Park 2-Eco Green Park Rp80 ribu di hari kerja dan Rp100 di hari libur.

5. Museum Angkut

Museum pada umumnya identik dengan suasana sepi dan membosankan, namun berbeda halnya dengan museum satu ini. Di Museum Angkut, Anda justru akan mendapat pengalaman yang sangat menyenangkan.

Di sini Anda bisa melihat berbagai koleksi jenis transportasi mulai dari sepeda ontel, delman, mobil listrik sampai mobil balap F1. Di sini juga ada mobil yang pernah dipakai oleh Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno.

Ada 10 zona yang bisa Anda jelajahi di tempat wisata seluas 3,7 hektare ini, antara lain Zona Edukasi, Italia, Inggris, Prancis, Las Vegas, Jerman, Hollywood, Jepang, Gangster & Broadway dan tentu saja Batavia. Setiap zona dibuat semirip mungkin dengan aslinya, mulai dari jalanan sampai landmark khasnya, sehingga membuat zona-zona tersebut menjadi tempat favorit untuk berfoto.

Museum angkut ini sangat mudah diakses dengan ragam transportasi, baik pribadi maupun umum. Museum ini tepatnya terletak di Jalan Terusan Sulatan Agung, Batu, Jawa Timur. Adapun tiket masuknya berkisar antara Rp60 ribu untuk tiket biasa dan Rp80 ribu untuk tiket terusan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya