Waspadai Menu Lebaran yang Dapat Timbulkan Jerawat

Ilustrasi kue Lebaran.
Sumber :
  • Pixavay/congerdesign

VIVA.co.id – Hari Raya Idul Fitri identik dengan makanan yang serba enak dan berlemak. Kendati demikian, Anda perlu mengontrol dalam mengonsumsi makanan tersebut. Sebab bila mengonsumsinya secara berlebihan bukan tidak mungkin dapat merusak kesehatan dan juga keindahan kulit. 

Ragam Sajian Khas Lebaran di Seluruh Dunia

Untuk urusan kulit, berhati-hatilah agar makan tidak berlebihan karena dikhawatirkan akan menimbulkan jerawat di wajah. 

Hal ini dibenarkan dr Jonathan Raharjo Subekti SpKK. Ia mengatakan bahwa makanan khas Lebaran seperti kue yang manis dapat membuat jerawat lebih aktif jika orang itu sudah memiliki jerawat dari awal.

Resep Sayur Pepaya Pelengkap Sajian Lebaran

"Ada beberapa makanan khas Lebaran yang harus dihindari atau dikurangi bila Anda ingin menjaga keindahan kulit. Bila Anda memiliki jerawat dan mengonsumsi makanan manis, malah dapat membuat jerawat Anda lebih aktif," ujar dr Jonathan kepada VIVA.co.id

Ia menjelaskan bahwa mereka yang sedang berjerawat dan mengonsumsi makanan manis bukan tidak mungkin jerawat akan berubah menjadi sumbatan, peradangan atau infeksi lebih meningkat. Beberapa makanan yang harus dihindari seperti cokelat, permen, es krim, keju dan kacang.

Daftar Makanan Khas Lebaran dari Seluruh Dunia

Kemudian bila mengonsumsi makanan pedas ternyata juga dapat membuat kelenjar di bawah kulit menjadi lebih aktif. Sehingga pada saat berkeringat dapat membuat sumbatan baru yang berpotensi timbulnya jerawat.

Sementara untuk makanan bersantan, kudapan tersebut memiliki kandungan cukup lemak karena mengandung banyak minyak. Meski tak langsung menimbulkan sekresi atau komedo pada wajah tapi lambat laun ini akan menimbulkan jerawat.

"Jadi makanan berminyak yang kitamakan itu tidak menimbulkan minyak langsung pada wajah atau komedo. Prosesnya enggak sesimpel itu tapi mengonsumsi makanan berminyak, efeknya juga enggak baik buat tubuh," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya