Trik Tetap Aktif Berolahraga saat Libur Lebaran

Olahraga lari.
Sumber :
  • Pixabay/skeeze

VIVA.co.id – Menjaga pola olahraga saat libur bisa menjadi hal yang sulit dilakukan. Apalagi jika di waktu libur Lebaran ini, Anda menghabiskan waktu di kampung halaman. Mengatur waktu berolahraga tentu menjadi tantangan tersendiri.

Tips Olahraga yang Aman dan Efektif Saat Berpuasa

Berikut ini sejumlah tips untuk membantu Anda merencanakan olahraga, dan menyiapkan diri untuk memanfaatkan kesempatan yang ada, serta jenis olahraga yang bisa Anda bisa lakukan seperti dikutip dari laman Very Well.

Jika Anda di tempat mudik, buat perencanaan terlebih dahulu. Luangkan sedikit waktu untuk mencari tahu apa saja pilihan yang Anda miliki sehingga Anda siap dengan segala situasi. Misalnya, cari jalur untuk lari atau jalan kaki di sekitar tempat Anda tinggal.

Olahraga Aman Saat Puasa? Ini Tips Jitu dari Dokter Spesialis UI!

Jika Anda menginap di rumah saudara, tanyakan apakah mereka memiliki alat olahraga atau Anda bisa mencari pusat kebugaran terdekat jika tersedia.

Rencanakan olahraga yang sederhana yang tidak membutuhkan banyak ruang dan alat. Usahakan untuk membuat jadwal olahraga sebelumnya. Jika jadwal Anda berubah, Anda sudah membuat komitmen untuk berolahraga.

Tips Tetap Aktif Olahraga di Bulan Puasa

Jika Anda tidak yakin dengan jadwal harian Anda atau apakah Anda punya waktu untuk berolahraga persiapkan skenario terburuk. Yakni, tetap di rumah kakek atau paman untuk berolahraga tanpa menggunakan alat.

Anda bisa mencoba beberapa tips sederhana berikut untuk mencuri waktu berolahraga meskipun Anda hanya punya waktu beberapa menit.

- Buat jadwal rutin 10 menit olahraga yang bisa dilakukan di kamar. Misalnya, Anda bisa memilih 10 gerakan dengan waktu satu menit untuk setiap gerakannya seperti squat, lunges, push up, atau jumping jack.

- Membawa karet elastis yang tidak memakan tempat dan bisa digunakan untuk latihan kekuatan singkat di mana pun Anda punya waktu senggang.

- Jika Anda membawa laptop Anda bisa membawa DVD olahraga atau streaming video olahraga.

- Gunakan sepatu olahraga Anda selalu, kapan pun ada waktu luang, Anda bisa gunakan untuk lari atau berjalan.

Manfaatkan segala peluang yang ada untuk berolahraga dan berpikirlah kreatif untuk menggerakkan tubuh Anda sebanyak mungkin dengan cara:

- Berjalanlah sebanyak mungkin, saat berkeliling silaturahmi, gunakan tangga, dan kesempatan lainnya.

- Jika Anda berkumpul dengan anak-anak, siapkan permainan seperti sepakbola, petak umpet, atau permainan fisik lainnya.

- Tawarkan bantuan untuk membantu pekerjaan rumah.

- Saat yang lain duduk menonton televisi, Anda bisa lakukan push-up atau sit-up. Jika terlihat aneh, Anda bisa lakukan gerakan isometrik, menekan dan menahan perut, otot bokong atau rapatkan tangan untuk menekan dada.

- Jika tidak ada alat olahraga, Anda bisa memanfaatkan botol atau panci sup untuk latihan angkat beban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya