Kopi Pahit, Rahasia Menteri Khofifah Jaga Stamina

Menteri Khofifah
Sumber :
  • Viva.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa termasuk menteri yang gemar mengunjungi daerah-daerah untuk memastikan kelancaran program di kementeriannya. Sehingga, bisa dikatakan sedikit waktu dimiliki Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama tersebut untuk bersantai.

Jangan Diabaikan, Ini Sederet Tips Sehat di Tengah Polusi Udara yang Memburuk

Meski demikian bukan berarti Khofifah mengabaikan kesehatannya. Agar tetap bugar saat bertugas, ia mengaku memiliki tips tersendiri yang rutin dijalankannya.

"Kopi pahit dan air hangat," katanya saat mengobrol santai dalam open house Lebaran di kediamannya Jalan Jemursari Kecamatan Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Tips Turunkan Kolesterol Pasca Idul Adha Ala Dokter Zaidul Akbar

Resep itu diceritakan Khofifah beberapa saat setelah orang dekatnya mengantarkan tiga cangkir putih besar berisi kopi pahit dan air putih hangat. "Saya sudah lama minum kopi pahit dan air putih hangat. Entah kenapa, ini seperti dopping bagi tubuh saya," ujarnya.

Kopi yang diminum Khofifah bukan sembarang kopi. Kopi seduhannya ialah kopi murni yang ditumbuk halus secara konvensional. Kecuali terpaksa dan tidak ada lagi, kopi kemasan baru jalan terakhir. "Harus diingat, kopi yang saya minum tanpa gula," ujarnya menambahkan.

Kerap Terjadi Saat Olahraga, Ini Tips Penanganan dan Cegah Cedera Engkel

Bagi alumnus Universitas Airlangga Surabaya itu, ketika gula tercampur dalam seduhan, maka kemurnian kopi sudah memudar. Aroma kopi menghilang. Menurutnya, kopi dengan gula bukanlah kopi.

Berdasarkan pengamatan VIVA.co.id dalam beberapa kesempatan meliput kegiatan Khofifah di beberapa daerah, mantan anggota DPR RI perempuan termuda itu tidak pernah lepas dari kopi dan air hangat. Saat santai sejenak, tanpa diminta stafnya mengantarkan tiga atau dua cangkir di meja. Ya, itu tadi. Satu cangkir berisi kopi pahit, dua berisi air putih hangat. (mus)

Berat badan

Banyak Makan Manis dan Berlemak Saat Lebaran, Lakukan Tips Ini untuk Tetap Sehat

Untuk menurunkan berat badan, kadar kolesterol dan gula darah, tidak ada makanan yang menjadi penawarnya dan wajib tetap menjaga gaya hidup dengan sejumlah tips sehat.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024