Tempat Wisata Purwokerto Ini Wajib Dikunjungi saat Lebaran

Wisata Baturaden
Sumber :
  • Banyumaskab.go.id

VIVA.co.id – Pernahkah terlintas dalam daftar liburan Anda pergi ke Kabupaten Banyumas, tepatnya di kota Purwokerto? Mungkin wisata di Purwokwerto jarang terdengar, padahal tak berbeda dengan wisata terkenal lainnya seperti Bali dan Bandung, Purwokerto nyatanya sudah mulai berkembang pesat, khususnya untuk destinasi wisatanya.

Menata Hati Sambut Bulan Suci

Selain itu, masyarakat Purwokerto pun dikenal sangat ramah dan bersahaja. Sehingga saat di sana, Anda akan merasa betah dan nyaman.

Mana saja destinasi itu? Berikut empat destinasi yang masih berada dalam satu kawasan di Purwokerto yang wajib dikunjungi, seperti dirangkum VIVA.co.id dari berbagai sumber.

Mudik Lebaran 2017, Sebanyak 5,8 Juta Orang Naik Kereta Api

1. Objek Wisata Baturraden

Baturraden hanya berjarak sekitar 15 menit dari pusat kota Purwokerto. Tepatnya di Karangmangu, Kecamatan Baturraden, Banyumas dan merupakan tempat wisata yang berada di lereng gunung Slamet.

Libur Lebaran, Peredaran Uang di Jawa Barat Capai Triliunan

Objek wisata ini menawarkan kesejukan pegunungan dan keindahan alam yang menakjubkan. Selain itu, Baturraden juga difasilitasi banyak wahana permainan seperti kolam renang, kolam luncur, sepeda air, hingga pemandian air panas.

Kebun binatang kecil pun terdapat di dalamnya yang diberi nama Taman Kaloka Widya Mandala. Terdapat sebuah museum yang menyimpan kerangka hewan atau satwa khas Indonesia. Ada juga teater alam Baturraden berupa pesawat terbang yang memutar sebuah film tentang potensi wisata, kekayaan alam, dan budaya Banyumas dengan durasi 10-15 menit.

Untuk masuk ke Baturraden, Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp14 per orang. Dan untuk memasuki kebun binatang tersebut, Anda cukup menambah biaya sekitar Rp8 ribu saja per orang.

2. Baturraden Adventure Forest

Juga di dalam lingkungan objek wisata Baturraden, Baturraden Adventure Forest (BAF) memberikan program petualangan di alam terbuka. Program itu diantaranya mountain adventure, water adventure, tree adventure, dan eco adventure.

Untuk tiketnya, berupa paket wisata adventure. Ada program dua hari dengan harga Rp230 ribu dan program satu hari seharga Rp150 ribu. Harga ini sudah termasuk harga desain dan kelengkapan program, akomodasi, makan dan snack, tenaga medis, dan asuransi.

3. Sumber Air Panas Pancuran 7

Masih di dalam kawasan Baturraden, pancuran 7 merupakan sumber air panas yang terpancar langsung dari lereng gunung Slamet yang keluar melalui tujuh pancuran. Konon, pancuran ini dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal dan jerawat.

Agar sampai di pancuran tersebut, dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar 2,5 kilometer dari objek wisata Baturraden. Bisa juga menggunakan kendaraan pribadi atau umum melalui Bumi Perkemahan Baturraden.

4. Telaga Sunyi

Lokasi Telaga Sunyi tak jauh dari objek wisata Baturraden. Telaga Sunyi merupakan mata air utama di kawasan itu dengan airnya yang jernih dan tenang, serta menampilkan dasar telaga yang terlihat dengan jelas.

Hanya dengan biaya tiket Rp5 ribu per orang, Anda bisa menikmati suara gemericik air terjun keci yang tumpah di telaga sambil menyaksikan keindahan alamnya dan bebatuan alami. Bahkan, tempat ini juga cocok bagi Anda yang ingin meraskaan sensasi segarnya air telaga untuk berenang hingga berfoto-foto.

Namun bagi Anda yang ingin berenang cukup diperhatikan, karena kedalaman telaga itu mencapai tiga meter. Jadi bagi Anda yang tak mampu jangan coba-coba untuk berenang dan cukup menikmati dari tempat yang dasar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya