Jakarta Gelar Festival Khusus Anak Penderita Autis

Festival Autisme
Sumber :
  • Viva.co.id/Diza Liane

VIVA.co.id – Kelompok autisme seringkali dianggap tidak kompeten. Padahal, kelompok tersebut memiliki potensi yang bisa digali. Melalui sebuah wadah menarik, anak-anak autisme bisa menonjolkan bakatnya yang tersembunyi.

Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Gimana Cara Tunjukkan Kepedulian?

Memperingati hari autisme nasional, dihadirkan sebuah acara bernama 'Funtaustic Festival' di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Berlangsung pada 8 Juli 2017, acara ini menyuguhkan konsep playground, yang  berisi wahana yang sarat akan edukasi dan permainan bagi anak-anak penderita Autis (Autistic) dengan mengusung tema 'We’re All Amazing'.

"Event ini akan menghadirkan beragam acara mulai dari Talkshow, Counseling, Therapy Experience, dan masih banyak lainnya. Akan ada 10 narasumber kompeten di bidang autisme di sebuah talkshow, yang bisa menjadi wadah tanya jawab mengenai informasi autisme," ujar Presiden direktur AJ Entertainment, Latesha Ivi Indriani, di Skyworld, TMII, Jakarta, Rabu 5 Juli 2017.

5 Rekomendasi Permainan, Bisa Tingkatkan Motorik Kasar dan Halus Anak Berkebutuhan Khusus

Acara yang rencananya akan diresmikan oleh pihak Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pemberdayaan dan Perempuan ini, menargetkan anak-anak autisme yang berusia 10-17 tahun untuk menunjukkan bakat tersembunyinya. Salah satunya melalui wadah yang bernama puzzletime.

"Dengan nama funtaustic festival, bakat-bakat mereka seperti melukis, fotografi, menyanyi, untuk berkompetensi, dirasa bisa menonjolkan potensi mereka. Ada juga program puzzletime yang kami ciptakan untuk anak-anak autisme dan anak umum," papar ACC coach, trainer and motivator, Dessy Arnas, di kesempatan yang sama.

Melawan Stigma Buruk Autisme di Indonesia

Puzzletime ini merupakan sebuah ruang kreatifitas dan dilukis berdasarkan bentuk puzzle. Di mana, para anak-anak berkebutuhan khusus (abk) dan anak-anak normal, mampu bekerjasama untuk membentuk puzzle di dinding lukis.

"Dindingnya dibentuk oleh para seniman sesuai bentuk puzzle. Nanti, warna-warna dari puzzle-nya, diisi oleh anak-anak sesuai warna yang mereka inginkan, pakai tangan ataupun kuas. Di sini kami ingin menonjolkan kerjasama abk dan anak umum agar bisa memiliki waktu berkualitas," tambah Latesha.

Acara ini akan resmi dibuka pada tanggal 8 Juli 2017 di Skyworld. Kegiatan ini gratis untuk anak-anak berkebutuhan khusus, terutama autisme. Untuk harga tiket masuk yakni Rp 25 ribu dan untuk mengikuti Talkshow, dikenakan harga sebesar Rp 100 ribu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya