Peran Keluarga dalam Perlindungan Pertama Bagi Anak

Hari Anak Nasional 2017
Sumber :
  • Viva.co.id/Adinda Permatasari

VIVA.co.id – Setiap tanggal 23 Juli, diperingati sebagai Hari Anak Nasional dan di tahun ini peringatan Hari Anak Nasional akan digelar di Pekanbaru, Provinsi Riau. Hari Anak Nasional 2017, mengangkat tema 'Perlindungan Anak Dimulai dari Keluarga'.

Polisi Gerebek Panti Asuhan di Medan, Diduga Eksploitasi Anak di Tiktok

Dalam jumpa pers di Gedung Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Jakarta, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise mengatakan, keluarga menjadi awal mula terbentuknya kematangan individu dan struktur kepribadian anak.

“Keluarga berperan dalam memberikan pola asuh berkualitas pada anak, menciptakan komunikasi yang baik antara keluarga dan anak. Pola asuh yang baik dalam keluarga, akan membuat anak nyaman, bahagia, hak terpenuhi dan terlindungi," ujar Yohana di Gedung KPPPA, Jakarta, Senin 17 Juli 2017.

Gibran-Selvi Hingga Jan Ethes-La Lembah, Ikut Meriahkan Hari Anak Nasional

Selain itu, Yohana menambahkan, lingkungan yang baik akan menghindarkan anak dari berbagai permasalahan, seperti kekerasan fisik dan seksual yang kini menjadi masalah nasional, keterlibatan narkoba, HIV AIDS, human trafficking, dan pornografi.

"Banyak kasus yang terjadi pada anak sekarang, anak bukan lagi sebagai korban, tetapi sudah menjadi pelaku," tambahnya.

Talkshow Kesehatan Gigi dan Mulut Meriahkan Festival Hari Anak Nasional

Karena itu, Yohana berharap, dalam peringatan HAN 2017 ini semua lapisan masyarakat menyadari pentingnya perlindungan anak di berbagai bidang kehidupan. Mulai dari pendidikan, pengasuhan, kesehatan, gizi, hingga tempat bermain anak.

Dengan demikian, masa depan anak Indonesia akan terjamin dengan baik. Semua pihak pun berpartisipasi aktif dalam meningkatkan kepedulian dan menghargai pemenuhan hak anak tanpa diskriminasi. (asp)

Ilustrasi ibu marah, wanita berbaju pink

Marah ke Anak, Lantas Apa yang Harus Dilakukan Orangtua?

Lahargo Kembaren, Sp.KJ menyebut amarah merupakan sesuatu yang alami. Namun sebagai orangtua, peru menyadari seperti apa menyikapi amarah tersebut.

img_title
VIVA.co.id
18 Desember 2023