Lima Tempat Kemping Terbaik di Indonesia 

Ilustrasi berkemah.
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA.co.id – Berkemping menjadi salah satu kegiatan alternatif wisata yang belakangan menjadi tren di kalangan wisatawan millennial. Berkemping acap kali menjadi salah cara penghilang stres bagi mereka yang penat dengan rutinitas pekerjaan dan kesibukan di ibu kota lainnya.

6 Lokasi Camping Populer di Luar Negeri, Ayo Kunjungi!

Berikut lima tempat kemping terbaik di Indonesia menurut VIVA.co.id

1. Ranu Kumbolo, Gunung Semeru

New Colt L300 Bukan Cuma Andalkan Mesin, dan Tips Berkemah Naik Motor

Biasanya Ranu Kumbolo dijadikan tempat istirahat dan kemping oleh para wisatawan pecinta alam saat mendaki Gunung Semeru. Tempat ini menjadi paling diincar oleh wisatawan yang ingin merasakan sensasi keindahan Danau Ranu Kumbolo saat matahari terbit atau pun sensasi melihat bertabur bintang di langit pada malam hari.

Tips Pergi Berkemah dengan Mengendarai Motor

2. Grafika Cikole di Bandung

Tempat ini terletak di Kawasan Bandung dan mudah diakses dari Jakarta, menjadikan tempat ini banyak dikunjungi oleh masyarakat di sekitar Jabodetabek. Kawasan yang terletak di dekat Gunung Tangkuban Perahu, dan dikelilingi oleh hutan pinus ini membuat kawasan ini memiliki udara yang cukup segar. 

Untuk dapat melakukan kemping di sini pengunjung tidak perlu membawa peralatan kemping apa-apa karena di sini perlatan telah disediakan oleh pihak penyedia dengan harga sekitar Rp400 ribu. Wisatawan sudah mendapatkan tenda dome untuk kapasitas empat orang, matras, alas tenda, sleeping beg, jagung bakar, mie instan cup, api unggun dan fasilitas kamar mandi umum.

3. Dikubu Strawberry Farm, Bedugul Bali

Biasanya ketika wisatawan ke Bali akan berkutat dengan kegiatan wisata alam maupun wisata yang berbasis pada pantai. Namun siapa sangka di Bali juga kita dapat melakukan kegiatan kemping di Dikubu Strawberry Farm yang terletak di Bedugul Bali.

Dengan udara yang sejuk karena berlokasi yang terletak di tengah pemandangan pegunungan di pinggir Danau Beratan Ulundanu Bali menjadikan tempat ini sebagai kawasan yang pas untuk kamping. Selain kemping wisatawan juga dapat melakukan kegiatan memetik buah stroberi, memancing ikan, atau trekking di hutan tropis Danau Buyan atau Tamblingan. 

4. The Pines Taman Dayu, Surabaya

Tempat kemping ini cukup unik karena menjadi satu kawasan hunian, resort wisata, dan pusat bisnis yang terletak di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur. Di sini wisatawan dapat merasakan menginap di rumah kayu dengan pemandangan hutan pinus yang indah. 

Di sini pengunjung dapat merasakan sensasi segar karena langsung mendapatkan udara bersih dari kaki Gunung Arjuno. Pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas renang atau ber-golf. 

5. Legok Kondang Lodge, Bandung 

Tempat ini memberikan pengalaman kemping mewah di kawasan Ciwidey, Bandung. Fasilitas berkemah yang ditawarkan tempat ini disediakan layaknya menginap di hotel berbintang lima lengkap dengan tempat tidur, toilet dan kamar mandi. 

Luas area perkemahan sekitar tiga hektare, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti outing, menanam buah, memberi makan kelinci. Terletak tak jauh dari kawah putih, membuat suhu di tempat ini sangat sejuk. 

Perlu membawa baju hangat untuk menginap di tempat ini, sebab suhu pada malam hari di sini bisa mencapai 13°C bahkan terkadang bisa mencapai 10°C. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya