Mengungkap Rahasia Menyeduh Teh Secara Sempurna

Ilustrasi teh.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA.co.id – Selain kopi, teh merupakan minuman yang paling tepat untuk dinikmati saat bersantai atau disajikan pada tamu. Tapi, ternyata selama ini banyak orang yang keliru dalam membuat teh.

Polisi Geledah Truk Angkut Minuman Teh Kemasan, Ternyata Berisi 52 Kg Sabu

Dr Stuart Farrimond, seorang ahli dalam ilmu pembuatan teh, mengungkap rahasia membuat secangkir teh yang sempurna.

Pertama-tama, Anda harus menyeduhnya selama lima menit agar teh bisa mencapai potensi rasanya secara maksimal. Tak hanya itu, menyeduh teh selama lima menit juga akan mengeluarkan kandungan kafeinnya dan meningkatkan khasiat kesehatannya. Itu secara alami akan melepaskan lebih banyak kandungan antioksidan di dalamnya.

Croissant Cereal, Kudapan Viral Sajikan Rasa Manis Asin yang Berpadu Harmonis

“Jangan pernah minum dari gelas styrofoam. Bahan ini mampu menyerap molekul rasa teh dan mengurangi kelezatannya,” ujarnya, dikutip dari laman The Independent, Kamis, 20 Juli 2017.

Jika Anda tinggal di daerah dengan kualitas air yang kurang baik, Farrimond juga menyarankan untuk menggunakan filter saat menyeduh teh, agar mampu menghilangkan residu kalsium dan magnesium yang sering membentuk lapisan di permukaan teh.

Ternyata Ibu Hamil Tidak Boleh Minum Teh Usai Makan, Dokter Jelaskan Alasannya

"Apa yang terjadi adalah beberapa senyawa rasa bereaksi dengan kalsium dan mereka membentuk lapisan ini, jadi Anda benar-benar kehilangan rasa asli teh," katanya menambahkan.

Menariknya, Dr Farrimond juga mengklaim bahwa warna cangkir sewaktu minum dapat memengaruhi selera teh Anda. Jika Anda penyuka rasa manis, pilih warna merah atau merah muda karena warna ini akan menonjolkan rasa manis alami teh. Sementara mug putih atau biru bisa mengeluarkan rasa asin dari kantong teh Anda. (mus)

Ilustrasi teh.

Mitos atau Fakta Minum Teh Saat Berbuka Puasa Bisa Merusak Ginjal

Kebutuhan tubuh mengkonsumsi air harus terpenuhi meski di bulan Ramadhan. Lalu bagaimana jika konsumsi air putih diganti teh saat berbuka, benarkah bisa merusak ginjal?

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024