Bali-Lombok Jadi Incaran Tujuan Singgah Kapal Pesiar

Pusat Pelabuhan Kapal Pesiar di Bali
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id – Beberapa destinasi di Indonesia menjadi tempat yang diincar para wisatawan sebagai destinasi atau tujuan singgah kapal pesiar. Dari banyak destinasi di Indonesia, Pulau Bali menjadi destinasi favorit untuk disinggahi.

Lamborghini Punya Produk Baru untuk Kaum Kaya, Tapi Bukan Mobil Sport

"Bagi penumpang, Bali tetap menjadi destinasi populer dengan 20 jumlah kunjungan kapal pesiar Princess Cruises," kata Direktur Princess Cruises Kawasan Asia Tenggara, Farriek Tawfik, saat ditemui di Kawasan Kemang Jakarta, Kamis 20 Juli 2017.

Dirinya pun mengutarakan masih banyak potensi di luar Bali yang menjanjikan bagi wisatawan kapal pesiar untuk dijelajahi. Namun hal tersebut masih terkendala kurangnya infrastruktur yang memadai, seperti pelabuhan singgah untuk kapal pesiar.

Turis RI Nikmati Alunan Jazz Pertama Dunia di Tengah Lautan

"Di Pulau Komodo, belum ada pelabuhan untuk kapal pesiar singgah. Kami harus memarkirkan kapal kami di tengah laut, dan menggunakan kapal kecil untuk sampai ke marina," ujarnya.

Ia menyebut, berdasarkan data Cruise Line International Association, jumlah pelabuhan di Indonesia terbilang sedikit jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia lainnya yang hanya memiliki 172 pelabuhan.

Sensasi Menelusuri Sungai-sungai Megah Eropa dengan Kapal Pesiar

Negara di Asia yang memiliki pelabuhan terbanyak adalah Jepang yakni 1526, China sebanyak 850, Korea Selatan sebanyak 745, Vietnam sebanyak 466, Malaysia sebanyak 422, Singapura sebanyak 391, Thailand sebanyak 291, Taiwan sebanyak 234, Hong Kong sebanyak 185.

Selain itu, kata Farriek, perlu infrastruktur transportasi darat untuk para wisatawan melakukan eksplorasi di tempat-tempat destinasi. Penting juga bagi Indonesia untuk memiliki pemandu wisata yang mampu berbahasa asing.

"Jadi ketika kapal itu singgah, pastikan apakah bus-bus yang ada di pelabuhan bisa mengantar penumpang ke destinasi-destinasi yang diinginkan," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya