Indahnya Jajaran Pantai di Pulau-pulau Kecil Maluku Tenggara

Pantai Ngurbloat
Sumber :
  • Instagram qwe.id

VIVA.co.id – Indonesia, kaya akan wisata alamnya. Dari Sabang sampai Merauke, potensi alam di berbagai wilayah di Indonesia banyak menarik perhatian para wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara. Bahkan, dari potensi wisata yang terjamah hingga yang tak terjamah.

Heboh Kota Ini Terancam Bangkrut Karena Destinasi Wisata Bugil

Di Maluku Tenggara misalnya. Meski terdiri dari pulau-pulau kecil, wilayah ini memiliki potensi wisata yang menjanjikan dan masih sangat alami. Terhitung dari 68 pulau di Maluku Tenggara, ada 55 destinasi wisata yang tersebar.

Kepala Dinas Pariwisata Maluku Tenggara Roy Rahajaan mengatakan, potensi wisata di Maluku Tenggara pada dasarnya terdiri dari pantai. Di antaranya, pantai Ngurbloat atau pantai pasir panjang, pantai Ohoi, dan pantai Ngurtafur.

Angkat Sport Tourism, Belitung Triathlon Challenge 2022 Sukses Digelar

Apa saja keunikan pantai-pantai tersebut hingga menarik perhatian wisatawan? Roy menjelaskan, pada pantai Ngurbloat atau pantai pasir panjang terdapat pasir berbeda dari pantai-pantai lain di Indonesia, bahkan di Asia. Menurutnya, pasir itu adalah pasir terhalus di Asia.

"Yang kalau kita pegang (pasirnya) di tangan dan ditiup angin, akan habis di tangan kita. Pasirnya putih dan paling halus di Asia," kata Roy di Hotel Manhattan, Jakarta, Kamis 20 Juli 2017.

Pantai Goa Cina, Tempat Penyegar Pikiran di Malang

Sementara di pantai Ohoi, terdapat biota laut seperti ikan hiu yang jinak. Sehingga wisatawan dapat berenang bersama dengan ikan hiu.

Sedangkan pada pantai Ngurtafur, terkenal dengan pasir pantai yang melintas di tengah lautan. Pantai ini pun ditengarainya sebagai tempat transit burung-burung Australia saat musim panas tiba.

"Pantai Ngurtafur itu pasir yang timbul di tengah laut. Bedanya lagi, pantai ini seringkali menjadi tempat burung yang migrasi dari Australia. Jadi itu hanya semacam pulau, tapi hanya pasir saja di tengah-tengah laut itu," ujarnya.

Adapun akses menuju ke sana di antara beberapa pulau itu tak sulit. Penerbangan dari banyak tempat bisa dilakukan dan singgah di bandara Ambon. Kemudian, dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju lokasi-lokasi tersebut kira-kira 20 menit hingga 1-2 jam lamanya.

Untuk penginapannya pun tak perlu khawatir. Karena di sana, terdapat sekitar 20 penginapan yang terdiri dari hotel berbintang dan cottage, serta hotel melati. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya