Begini Karakter Turis Kapal Pesiar Asia

Ilustrasi kapal pesiar
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Tren wisata kapal pesiar belakangan ini mulai menjamur di beberapa belahan dunia. Sekarang wisata kapal pesiar tidak selalu identik dengan wisatawan asal Eropa atau Amerika. Tren tersebut kemudian menjamur ke kawasan Asia termasuk Indonesia.

Plesiran Pakai Kapal Pesiar Kian Diminati, Azamara Cruise Singgah di Bali

Masyarakat yang ingin melakukan wisata kapal pesiar di kawasan Asia memiliki karakteristik yang berbeda, dengan orang Eropa. Direktur Princess Cruises Kawasan Asia Tenggara, Farriek Tawfik mengatakan, ada beberapa tipe-tipe wisatawan kapal pesiar.

1. Penumpang kapal pesiar dari Asia rata-rata berusia di bawah 40 tahun

INFOGRAFIK: Menguak Kapal Pesiar Terbesar di Dunia, 5X Dari Titanic

Sekitar empat  dari 10 penumpang yang berasal dari Asia termasuk berusia di bawah 40 tahun. Sedangkan penumpang asal Eropa yang melakukan kegiatan wisata kapal pesiar berusia di usia lanjut. Di Eropa lazimnya banyak orang tua yang melakukan kegiatan wisata ketika mereka telah pensiun.

2. Orang Asia lebih suka melakukan perjalanan wisata kapal pesiar bersama dengan keluarga

Mau Rasakan Pengalaman Wisata Kapal Pesiar Kelas Dunia? Begini Caranya

Keluarga di Asia termasuk Indonesia cenderung bertamasya bersama-sama. Mereka, baik yang tua dan muda dapat menikmati beragam kegiatan dan pengalaman yang ditawarkan di pesiar. Berbeda dengan Eropa yang tidak mesti harus melakukan wisata kapal pesiar secara bergerombol.

3. Wisatawan Asia termasuk Indonesia cenderung memilih durasi pendek

Hal ini didasarkan pada pengalaman sebelumnya akan ketakutan rasa bosan ketika melakukan perjalanan di dalam kapal. Orang Asia akan lebih memilih durasi 4-6 malam.

Dan memilih berwisata dekat dengan negaranya. Berbeda dengan orang Eropa yang lebih memilih wisata dengan rute yang jauh dengan durasi waktu lebih lama yakni rata-rata 7-13 malam.

4. Biasanya tujuan melakukan wisata kapal pesiar untuk mencari pengalaman berwisata baru

5. Wisatawan Asia ingin merasakan wisata mewah

Orang Indonesia dan Asia sangat menyukai wisata mewah, dalam kapal pesiar wisatawan Asia dapat menikmati pengalaman mewah. Sebab di kapal pesiar memiliki fasilitas seperti toko duty free yang menawarkan ragam produk gaya hidup merek mewah dunia, fasilitas restoran mewah, spa dan lainnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya