Menhub Minta Lion Air Terbang dari Sumut ke India

Pesawat Lion Air/Ilustrasi.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menugaskan maskapai Lion Air membuat rute penerbangan dari Medan Sumatera Utara ke beberapa negara seperti India, Bangladesh, dan Pakistan.  Hal ini dilakukan, untuk menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumatera Utara. 

Gaya Menhub Budi Karya Bernyanyi dan Gitaran di Kapal Penumpang

Seperti diketahui, Sumatera Utara khususnya Danau Toba merupakan salah satu dari 10 destinasi prioritas utama pemerintah.

"Sekarang kita tugaskan kepada Lion Air untuk menjangkau India, Pakistan, Bangladesh dari Medan sehingga dari utara ini banyak turis-turis," kata Budi seperti yang dikutip VIVA.co.id dalam rilisnya, Sabtu 22 Juli 2017.

Menhub: Transportasi Jakarta Tak Mungkin Dibiarkan Sendiri

Dengan adanya rencana ini, Budi berharap target kunjungan wisatawan luar negeri sebanyak 20 juta dalam satu tahun dapat tercapai disamping juga sebagai wujud konektivitas nasional. 

Terkait rencana penerbangan Lion Air ke India, lanjut Budi nantinya akan segera dilakukan pembaharuan perjanjian (air service agreement) dengan pemerintah India.

Menteri Perhubungan Berterus Terang 1,5 Juta Orang Lolos Mudik

"Kita tinggal mengadakan (pembaharuan) perjanjian dengan India setelah itu selesai mungkin tidak sampai satu bulan sudah bisa (terbang ke India)," ujarnya.

Selain India, Budi menyebut negara di Timur Tengah juga menjadi sasaran untuk yang diterbangi oleh maskapai dalam negeri di samping penerbangan Umroh atau Haji.

Direktur Utama PT Lion Air Edward Sirait mengaku berkomitmen untuk melaksanakan penerbangan dari negara-negara di Asia Selatan, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia. Untuk itu Edward memastikan bulan depan Batik Air yang tergabung dalam Lion Group akan menerbangi India.

“Nanti bulan depan paling lambat Batik Air akan masuk ke India, sasaran kita adalah membawa mereka (turis) ke Medan dan Denpasar,” kata Edward.

Ia menjelaskan sejumlah kota di India ditargetkan akan diterbangi Batik Air Indonesia seperti New Delhi,  Mumbay, Hijra Bat, dan Bangalore. Untuk itu ditambahkan Edward pihaknya telah menyiapkan armada guna mendukung rencana itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya