Studi: Anak Rentan Terkena Alergi

Ilustrasi anak minum susu
Sumber :
  • Pixabay/Candice_Rose

VIVA.co.id – Dalam masa tumbuh kembangnya, anak cenderung lebih rentan terkena alergi. World Allergy Organization menyatakan bahwa angka prevalensi terjadinya risiko alergi pada anak sebesar 4-6 persen, sedangkan pada orang dewasa hanya 1-3 persen.

Benjol di Kepala Anak, Perhatikan! Ini yang Harus Orang Tua Lakukan

"Anak lebih berisiko mengalami alergi jika memiliki riwayat penyakit atopik dalam keluarga seperti dermatitis atopik, asma, dan atau rhinitis alergi dari setidaknya salah satu orangtua atau saudara kandung," kata Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(K), M.Kes, konsultan alergi imunologi, dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Minggu, 23 Juli 2017.

Dia menambahkan, selain faktor genetik, beberapa anak juga lebih berisiko mengalami alergi jika dilahirkan melalui operasi caesar, penggunaan antibiotik saat persalinan, hingga terpapar asap rokok.

Polusi Udara Masih Memburuk, Pakar Waspadai Risiko Alergi Meningkat pada Anak

Lebih spesifik lagi, data dari Allergy & Asthma Foundation of America menyatakan bahwa alergi protein susu sapi merupakan salah satu alergi makanan yang paling banyak terjadi pada anak-anak.

Studi di beberapa negara di seluruh dunia menunjukkan prevalensi alergi protein susu sapi pada anak-anak di tahun pertama kehidupan sekitar 2 sampai 7,5 persen. "Angka ini tentunya diikuti risiko yang mungkin mengancam si kecil di masa depan," katanya.

Anak Anemia Rentan Dirundung Gegara Lemot, Bahaya Depresi Mengintai
Ilustrasi cuaca panas

Catat Moms, Ini Trik Si Kecil Aman Bermain di Tengah Suhu Panas Ekstrem

Panas ekstrem menimbulkan risiko kesehatan bagi semua orang dan ini merupakan tantangan tersendiri untuk anak-anak yang senang berada di luar ruangan pada musim panas.

img_title
VIVA.co.id
16 Oktober 2023