Pakai Highlighter Bisa Picu Timbulnya Jerawat?

Ilustrasi kulit bermasalah
Sumber :
  • Pixabay/ Kjerstin_Michaela

VIVA.co.id – Beberapa wanita suka menggunakan highlighter di beberapa area wajah. Sebab highlighter dapat menonjolkan fitur wajah dan membuat bentuk wajah menjadi lebih ideal.

5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami, Dijamin Sembuh Seketika

Dilansir dari laman Gurl, Senin, 24 Juli 2017, highlighter menjadi salah satu cara paling efektif untuk membuat bentuk wajah terbingkai sempurna. Sayang, pemakaian highlighter kadang bisa menimbulkan jerawat.

Jika pemakaian hightlighter mulai menyebabkan jerawat di area wajah, itu mungkin ditimbulkan kandungan make-up yang dikenakan. Ada kemungkinan bahwa kandungan make-up membuat kulit menjadi alergi, iritasi atau mengandung comedogenic, di mana kandungan minyaknya dapat menutup pori-pori kulit Anda.

Jelang Valentine Ramai di Media Sosial Penggunaan Basic Skincare, Seberapa Efektif Hasilnya?

Kebanyakan kandungan make-up, memang berpotensi memicu timbulnya jerawat. Tak terkecuali produk highligter. Oleh sebab itu, banyak spesialis dermatologi yang menyarankan untuk mengistirahatkan wajah dari make-up selama satu pekan, jika jerawat sangat membandel.

Cara lainnya, hindari make-up yang dapat memicu jerawat. Jika dalam beberapa hari jerawat mereda, artinya kulit memang tidak cocok untuk jenis produk make-up tersebut.

Inovasi Penyembuhan Jerawat, Dokter Adrian Aries Hendrawan Temukan Metode Baru Ini

Untuk highlighter, kandungan formulanya harus diperhatikan dengan baik. Tidak hanya itu, proses aplikasi highlighter ke wajah harus diperhatikan.

Misalnya, highlighter jenis cair yang cenderung diaplikasikan dengan jari bisa menimbulkan jerawat karena ada kemungkinan jari dalam kondisi tidak bersih. Jika highlighter diaplikasikan dengan kuas, sebaiknya pastikan kebersihan kuas tersebut. Ini salah satu cara memastikan agar Anda terhindar dari jerawat atau masalah kulit lainnya. (mus)

Ilustrasi membersihkan wajah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Munculnya jerawat bisa karena bermacam-macam alasan, namun yang paling sering dibicarakan adalah jerawat purging dan breakout yang terjadi karena reaksi kulit terhadap sk

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024