Bekatul, Superfood Khas Indonesia yang Kaya Antioksidan

Bekatul atau Rice Bran
Sumber :
  • youtube

VIVA.co.id – Istilah superfood banyak digunakan untuk merujuk jenis makanan yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Selama ini publik hanya tahu superfood dari luar seperti granola dan sebagainya. Tetapi Indonesia juga memiliki banyak superfood yang tak kalah bermanfaat.

Ahli Gizi Sebut Tempe adalah Superfood, Orang Indonesia Harus Bangga

Menurut dr Samuel Oetoro, SpGK, contoh superfood asli Indonesia yang kaya manfaat adalah bekatul atau kulit beras.

"Bukan granola, itu impor. Kalau lokal, ada bekatul, kurkuma, kunyit putih, green tea juga ada dari Indonesia, dan kulit delima," ujar Samuel kepada VIVA.co.id.

Sering Dikeluhkan di Wajah, Dark Spot Juga Bisa Muncul di Badan

Bekatul, lanjut Samuel, sangat bermanfaat bagi tubuh karena kandungan seratnya tinggi sehingga dapat menghambat penyerapan gula dan lemak. Selain itu, ada pula kandungan gamma oryzanol yang tinggi yang bisa mengendalikan gula darah, kolesterol, meningkatkan sistem imun, serta efek anti kanker.

"Bekatul juga memberikan rasa kenyang lebih lama, menyehatkan, dan kandungan antioksidannya tinggi," imbuh Samuel.

2 Superfood Ini Melawan Peradangan Kronis Penyebab Diabetes Tipe 2

Di samping itu, Samuel juga mengingatkan cara pengolahan yang tepat pada superfood. Pengolahan yang tidak benar, bisa menghilangkan zat aktif di dalam superfood itu.

Beberapa superfood, ada yang kandungannya bisa mudah rusak karena pemanasan. Selain itu, jika ingin mengonsumsi superfood yang dikemas, perhatikan pula cara pengawetannya. Lihat kapan masa kedaluwarsanya, jika lebih dari dua tahun, artinya superfood itu banyak memakai bahan pengawet.
 

Makan tempe

Negara Terkaya di Asia sampai Tempe yang Merupakan Superfood

Round-up dari kanal Lifestyle pada Rabu, 1 Maret 2023. Salah satunya tentang makanan tempe yang disebut sebagai superfood.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2023