5 Hal yang Harus Diajarkan Saat Anak Pertama Masuk Kuliah

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA.co.id – Memasuki dunia perkuliahan adalah tantangan tersendiri bagi anak. Tak hanya sistem belajar mengajar yang berbeda, namun jadi 'anak kuliahan' tentu saja membutuhkan adaptasi yang tidak mudah.

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Untuk membantu buah hati kita melewati masa adaptasi dari bangku sekolah ke bangku kuliah, berikut 5 persiapan penting yang bisa dilakukan anak pada tahun pertama kuliah, dilansir dari laman Gurl.

1. Ajarkan anak mengatur waktu

Tantangan Penggunaan AI di Dunia Kedokteran

Perguruan tinggi akan sangat sibuk dan terasa sangat cepat. Banyak pilihan yang membingungkan seperti ikut beberapa kelompok ekstrakulikuler, memperbanyak teman, atau belajar dengan tekun di perpustakaan. Sayangnya, di dunia baru ini, tidak ada lagi yang dapat mengatur hal tersebut kecuali dirinya sendiri. Untuk itu, bimbinglah  anak Anda untuk mulai membuat perencanaan, buat sebuah jurnal, tulis daftar hal yang ingin dilakukan sebagai kebiasaan, tandai setiap tanggal di kalender, dan buat rencana belajar.

2. Komunikasi tepat

Jelang Lebaran, Ini Sederet Masalah yang Kerap Terjadi

Saat di perguruan tinggi, seseorang yang dihadapi bukan lagi guru, melainkan para dosen dan profesor yang memiliki pemahaman yang berbeda. Berikan pemahaman tersebut kepada anak, ajarkan cara belajar berkomunikasi dengan baik, agar mereka, tak merasa malu atau tertutup. Selain itu, ajarkan cara menunjukkan rasa percaya diri agar bisa berkomunikasi dengan baik.

3. Belajar Membersihkan dan berbenah

Ya, membersihkan dan berbenah kamar, cenderung harus dipelajari sejak dini. Hal ini yang akan dibutuhkan saat jauh dari orangtua. Ajarkan anak untuk mempelajari hal-hal umum seperti cara membuang debu, membaur kasur tetap nyaman, dan menjaga kebersihan kamar mandi.

4. Ajari anak mempelajari cara menyimpan file dengan aman

Penggunaan komputer memang mempermudah mengerjakan tugas. Tapi, laptop atau komputer bisa saja terkena virus dan file di dalamnya akan hilang. Untuk itu ajarkan anak Anda menyimpan cadangan file secara umum. Minta mereka yang ahli teknologi untuk mengajari hal dasar saat laptop atau komputer tiba-tiba berhenti tanpa sebab.

5. Ajari anak mempelajari cara mengambil keputusan

Terdengar biasa, namun mengambil keputusan  secara tepat dan cepat, sangat dibutuhkan saat memasuki perguruan tinggi. Saat harus mengambil keputusan, ajarkan anak untuk tidak membiasakan diri bertanya tentang segala hal kepada orangtua, beritahu bahwa mereka harus belajar mengambil dan menentukan keputusan sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya