Cara Cegah ISPA Saat Bepergian

Ilustrasi ISPA
Sumber :
  • Reuters Photo

VIVA.co.id – Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) mencakup beberapa penyakit yang mudah dijumpai seperti batuk, pilek, dan radang tenggorokan. Kedua penyakit tersebut sangat mudah menular, terlebih saat bepergian ke tempat baru. Namun, penanganan dalam mencegah ISPA ternyata sangat mudah dan sederhana.

Kiat Alexandra Asmasoebrata Jaga Stamina dan Melestarikan Pembalap Perempuan 

"ISPA bisa dicegah cukup dengan beberapa pola hidup higienis. Pertama yaitu mencuci tangan secara teratur selama perjalanan, serta hindari menyentuh bagian wajah, terutama mulut, hidung, dan mata dengan tangan," ujar Spesialis Paru, dr. Ni Nyoman Priantini SpP, di Jakarta, Senin 24 Juli 2017.

Saat di perjalanan, banyak bakteri dan virus yang bisa memicu batuk dan pilek, serta radang tenggorokan. Setelah menjaga kebersihan, memperkaya diri dengan makanan yang mengandung vitamin tinggi, dapat mencegah bakteri dan virus jauh dari tubuh.

Jumlah Penderita ISPA di Depok Melonjak 200 Persen, Capai 50.000 Pasien

"Perbanyak konsumsi makanan kaya serat dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini agar Anda terlindung dari penyebaran virus dan bakteri," ucapnya.

Menjaga kekebalan tubuh, selain melalui makanan, juga bisa dengan rajin berolahraga. Sebelum bepergian, pastikan Anda berolahraga secara cukup dan teratur untuk menjaga sistem imun tubuh.

Apa Itu Penyakit ISPA? Sedang Banyak Diidap Anak-anak karena Polusi Udara

"Olahraga secara teratur juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penularan infeksi. Selebihnya, kalau memang perlu, mengenakan masker untuk mengurangi debu-debu yang kotor masuk ke dalam pernafasan selama di perjalanan," kata Nyoman.

Petugas KPPS melakukan penghitungan suara/Ilustrasi.

Petugas TPS dan KPPS Harus Fit di Hari Pemilu, Begini Tips Jaga Kesehatan dari PB IDI

Berikut adalah imbauan dan tips dari IDI sebagaimana disampaikan oleh Ketua Umum PB IDI, DR Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024