Batuk Lebih dari Dua Minggu, Waspadai Penyakit Berbahaya

Minum teh dan juga anggur merah dapat melindungi tubuh dari flu.
Sumber :
  • Pixabay/ gfhjkm123

VIVA.co.id – Batuk adalah respons alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran napas jika terdapat gangguan dari luar. Respons ini berfungsi membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi atau bahan iritan (seperti debu atau asap) agar keluar dari paru-paru.

TBC Masih Jadi Penyakit Menular Serius, Bisa Ditularkan di Tempat Kerja

Batuk meski dalam beberapa kasus dianggap tak berbahaya, namun seringkali menjadi masalah yang menganggu. Saat masih dalam tahap yang ringan, berbagai herbal dan obat mungkin mampu meredakan batuk.

Tapi masalah batuk juga tidak boleh disepelekan. Meski bukan disebut penyakit, batuk bisa jadi adalah suatu gejala untuk penyakit yang mungkin cukup berbahaya.

Apakah Jahe Bisa Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan? Begini Faktanya

"Jadi seperti saya katakan batuk itu bukan penyakit, batuk itu kan reaksi untuk memproteksi jalan napas untuk mencegah partikel mikoroorganisme ke arah pintu masuk paru," kata DR. dr. Fauziah Fardizza, SpTHT-KL (K), Konsultan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu 26 Juli 2017.

Namun, jika batuk masih berkelanjutan hingga lebih dari dua minggu, hal ini patut dicurigai. Menurut Fauziah, batuk yang lebih dari dua minggu dan disertai dengan demam nyeri, besar kemungkinan ada penyakit yang lebih berbahaya.

Penggemar Khawatir Taylor Swift Sakit dan Bisa Batalkan Konser di Singapura

"Jadi sekali lagi, batuk ini kan simptom, ketika selama dua minggu awal tidak juga reda, mungkin sebaiknya kita mencari pertolongan yang lebih jauh," kata dia.

Sebelumnya, Fauziah juga menjelaskan, batuk bukanlah penyakit melainkan refleks proteksi tubuh untuk membersihkan jalan napas atau tenggorok ketika terpapar oleh lendir atau partikel kecil seperti asap atau debu agar proses bernapas berjalan lancar.

Adapun radang tenggorokan merupakan istilah umum yang menggambarkan rasa sakit tenggorokan baik saat menelan ludah atau pun menelan makanan, bahkan dalam kasus yang berat tidak menelan juga terasa sakit.

Penyebab batuk dan radang tenggorokan adalah infeksi jalan napas atas yang dapat disebabkan oleh virus atau bakteri. Virus atau bakteri tersebut menghasilkan lendir yang mengiritasi jalan napas. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya