Cincin Rp13 miliar Milik British Museum Hilang Tanpa Jejak

Cincin Rp13 miliar yang hilang di British Museum.
Sumber :
  • British Museum

VIVA.co.id – Sebuah cincin senilai £750 ribu, atau sekitar Rp13 miliar yang merupakan salah satu koleksi British Museum sudah dilaporkan hilang enam tahun lalu. Namun, pencatatannya sebagai koleksi yang hilang oleh pihak museum baru dilakukan belum lama ini. 

Ada Museum Holokos di Minahasa, Apa Tujuannya?

Dilansir dari laman The Times, Kamis 27 Juli 2017, pada saat cincin tersebut dilaporkan hilang, Agustus 2011, pihak museum langsung menyerahkan penyelidikan pada pihak Kepolisian setempat. Namun, akibat tidak menemukan titik terang mengenai hilangnya cincin tersebut, kasus ini tidak diproses lebih lanjut. 

Pihak museum memutuskan untuk tidak 'ribut' mengenai hal itu hingga akhirnya minggu ini, rahasia tersebut terbongkar, karena datanya berada dalam laporan milik Departmen for Digital, Culture, Media and Sport. 

MUI Sebut Museum Holocaust di Minahasa Langgar Konstitusi

"Sebuah cincin milik British Museum senilai £750 ribu dinyatakan hilang," begitu potongan keterangan yang terdapat dalam laporan tersebut. 

Diketahui cincin tersebut bermatakan berlian abad ke-20 dengan ring platina. Cincin bermerek Cartier tersebut disumbangkan oleh seseorang yang tidak diketahui namanya. 

Museum Holocaust Pertama Asia Tenggara Berdiri di Minahasa

Seorang juru bicara dari British Museum mengatakan, cincin tersebut memang tidak ditemukan berada di tempatnya sejak 2011 lalu. Sesuai prosedur, cincin tersebut akan dicatat sebagai koleksi yang hilang jika tidak berhasil ditemukan dalam kurun waktu lima tahun terhitung sejak hilangnya koleksi tersebut. 

"Saat ini, pihak museum akan meninjau kembali sisi keamanan dan prosedur manajemen koleksi dan akan melakukan sejumlah investasi khusus untuk meningkatkan keamanan di museum tersebut," kata sang juru bicara. (asp)

Haikal Hassan dengan pendiri Museum Holocaust di Indonesia, Yaakov Baruch

Haikal Hassan: Holocaust Itu Hoax Terbesar!

Haikal Hassan kritik keras pendirian Museum Holocaust di Minahasa, Sulut. Dia ungkap sejarah Holocaust-Israel.

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2022