Kebiasaan Gigit Pulpen Bisa jadi Pemicu Gigi Ngilu

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Kaboompics

VIVA.co.id – Berbagai macam sebab dapat memicu ngilu atau sakit gigi pada penderita gigi sensitif. Beberapa pemicu yang paling umum untuk gigi sensitif, makan-makanan dingin atau minum minuman dingin. Makan makanan panas atau minum minuman panas. Namun tak hanya itu, gigi ngilu juga bisa timbul ketika mengonsumsi makanan yang bersifat asam.

Risih dengan Bau Mulut Tak Sedap saat Puasa? Simak, Ini Cara Cegahnya

Makanan bersifat asam, cenderung memicu gigi terasa ngilu. Hal ini menjadi salah satu tanda bahwa Anda menderita gigi sensitif.

"Gigi sensitif itu dipicu oleh makanan bersifat asam seperti soda, cuka pada pempek, atau buah lemon. Biasanya, saya menyarankan, untuk menghindari makanan yang bersifat asam ini untuk mencegah terjadinya gigi sensitif," ujar dokter gigi, drg. Hardini Dyah Astuti, Sp.Perio, Dokter gigi di Divine Dental Clinic, dalam peluncuran Sensodyne Repair & Protect, di Gandaria City, Jakarta, Jumat, 28 Juli 2017.

Sudah Rajin Dibersihkan, Bau Mulut Tanda Ada Penyakit?

Selain makanan asam, beberapa penyebab lain gigi sensitif juga bisa terjadi. Misal, pada anak remaja, memiliki kebiasaan menggigit pensil atau pulpen saat pelajaran berlangsung.

"Pada orangtua, penyebab gigi ngilu juga bisa disebabkan oleh cara menyikat gigi yang terlalu kencang. Kalau pada anak remaja, bisa disebabkan dari tingkat stres yang tinggi sehingga saat tidur tanpa sengaja menggertakkan gigi atau suka gigitin pulpennya," paparnya.

Makanan Asam Hingga Air Dingin, Kebiasaan Ini Bikin Gigi Ngilu

Namun, gigi sensitif bukan berarti tidak bisa dicegah. Ngilu pada gigi sensitif, cenderung dipicu oleh beberapa hal seperti suhu atau rasa makanan yang dikonsumsi.

"Misal, makan bakso panas terus minumnya dingin. Sebaiknya dihindari. Karena perubahan suhu dingin lalu panas yang tiba-tiba, bisa memicu ngilu. Atau saat makan cokelat yang manis, juga membuat rasa ngilu terjadi," kata dia.

Ilustrasi gigi

10 Penyebab Gigi Ngilu dan Goyang, Salah Satunya Kehamilan!

Biasanya, rasa sakit dan pergerakan tidak stabil pada gigi disebabkan oleh kesalahan dalam perawatan gigi. Kesalahan ini sering kali mengarah pada masalah sensitivitas

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024