Mengenal Baju Adat yang Dikenakan Jokowi dan JK di Parlemen

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama para pimpinan tinggi lembaga negara berfoto bersama saat menghadiri pembukaan Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017).
Sumber :
  • ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri pembukaan Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 16 Agustus 2017. Dalam kesempatan tersebut, ada pemandangan yang cukup unik.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Pemimpin negara ini terlihat kompak mengenakan busana tradisional. Menariknya, Jokowi dan Kalla bertukar pakaian adat masing-masing. Jokowi tampak memakai busana adat Makassar yang merupakan daerah asal Jusuf Kalla. Sementara sang Wapres mengenakan busana Jawa atau lebih spesifiknya Surakarta yang merupakan daerah asal Jokowi.

Jokowi mengenakan baju atasan berwarna hitam khas Makassar atau biasa dikenal dengan baju atau jas tutu. Sementara untuk bawahannya, orang nomor satu di Indonesia tersebut mengenakan sarung atau lipa garusuk.

Kata Jusuf Kalla Soal Kabar Cak Imin-Anies Masuk Bursa Pilpres 2024

Melengkapi penampilannya, Presiden juga mengenakan tutup kepala yang dinamakan passapu. Adapun Jusuf Kalla mengenakan beskap berwarna hitam dan blangkon. Ia juga menggunakan kain Jawa.

Sementara itu, tak hanya Presiden dan Wapres saja yang menggunakan busana tradisional. Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga memakai busana tradisional Bali. Iriana terlihat anggun dalam balutan kebaya berwarna oranye.  

Saat Jusuf Kalla Cerita ke Gus Miftah Tentang Kisah Inspiratifnya
Mantan Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum PMI

JK Sebut Penundaan Pemilu Langgar Konstitusi

JK mengingatkan untuk berhati-hati terhadap wacana penundaan Pemilu 2024. Konstitusi sudah mengamanatkan Pemilu digelar lima tahun sekali.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022