Masalah Kulit Wajah yang Tumbuh saat Pubertas

Ilustrasi mencuci wajah
Sumber :
  • REUTERS / Olivia Harris

VIVA.co.id – Siapa yang tak ingin memiliki kulit yang cantik dan bersih? Miliki kulit indah yang menjadi dambaan tentunya membutuhkan usaha. Tak cuma soal kosmetik mahal, namun kulit cantik dan bersih tentunya dimulai dari kesadaran sejak dini.

Terlalu Sering Mencuci Wajah Ternyata Tidak Baik, Ini Bahayanya

Psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengungkapkan, bahwa masalah pada kulit dimulai saat seseorang mengalami masa remaja atau pubertas. 

Saat pubertas, banyak perubahan yang dialami pada seseorang seperti perubahan penampilan, hormon, dan emosional.

Untuk Pria, Begini Cara yang Benar Bersihkan Kulit Wajah

Khusus pada kulit, perubahan ini terjadi dengan munculnya jerawat hingga kulit yang berminyak. Dengan begitu, perlu adanya perawatan khusus dan rutin untuk mengatasinya.

"Cantik dan bersih itu dimulai dengan merawat rutin sedari dini," kata Vera kepada VIVA.co.id di kawasan Kemang.

Begini Cara Terbaik Supaya Pelembap Menyerap Sempurna

Perawatan sederhananya adalah, rajin-rajin melakukan perawatan kulit minimal tiga kali dalam sehari. Diperhatikan juga, gunakan produk-produk yang sesuai untuk kulit remaja.

"Jadi yang remaja jangan gunakan produk mama atau kakak. Usahakan produk yang didesain khusus untuk kulit remaja. Karena formula atau takaran dari bahan-bahannya sudah disesuaikan," kata Vera.

Mencuci wajah.

Cara Bersihkan Wajah dari Bakteri, Bersih Sekaligus Cantik

Beberapa orang melupakan pentingnya merawat kebersihan wajah di mana awal masuknya virus ke dalam tubuh lewat organ di wajah.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2021