Pemerintah Diminta Lestarikan Cagar Budaya Padang Lawas

Raja Huristak XII dari Kerajaan Padang Lawas, Patuan Daulat Sutan Palaon, Tondi
Sumber :
  • dok.ist

VIVA.co.id – Pemerintah diminta untuk lebih memperhatikan situs dan cagar budaya di Tanah Air. Permintaan disampaikan Raja Huristak XII dari Kerajaan Padang Lawas, Patuan Daulat Sutan Palaon, Tondi Hasibuan BA (Hons) MA melalui keterangan tertulisnya kepada VIVA.co.id.

Makam Sunan Kalijaga Terendam Banjir, Peziarah Tetap Berdatangan: Berdoa Air Cepat Surut

Secara khusus sang raja meminta Pemerintah menjaga dan melindungi candi serta purbakala lainnya di Wilayah Padang Lawas, Sumatera Utara.

"Kerajaan Padang Lawas memiliki puluhan candi (stitus) dan benda kepurbakalan lain. Kami sangat berharap pemerintah memperhatikan cagar budaya tersebut," kata Tondi, Rabu 16 Agustus 2017.

Lestarikan Budaya, Banten Bistro Berganti Nama Jadi The Kaibon Restaurant

Diutarakan Tondi, di dalam wilayah Padang Lawas cukup banyak ditemukan situs dari zaman kerajaan Hindu Kuno. Situs serta candi itu diperkirakan sudah ada sejak abad 1 Masehi.

Situs itu tercata cukup tua dari kerajaan Hindu lainnya. "Ada keraton, juga senjata tradisional serta benda pusaka lainnya. Kami sangat berharap ini menjadi perhatian pemerintah," ujar Tondi.

Museum Nasional Indonesia: Proses Evakuasi Koleksi Berjalan Baik, Pemulihan Jadi Prioritas Utama

Sekadar informasi sejumlah peninggalan sejarah yang ada di Padang Lawas, antara lain, candi portibi, candi bahal, candi sitopan, candi bara, candi pulo, candi tandihat, candi sisangkilon dan candi manggis.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Heru Budi Mengaku Tak Tahu soal Anggaran Restorasi Rumah Dinas Capai Rp 22 M

Penjabat Gubernur DKI Jakarta angkat bicara soal anggaran restorasi rumah dinas gubernur sebesar Rp22,2 miliar. Ia mengaku tak mengetahui soal besaran anggaran restorasi.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024